Return to site

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Mempermudah Pekerjaan Sales

Agar tim sales produktif, coba permudah pekerjaan mereka

· Sales Strategy,Tips Sales,sales
Cara Meningkatkan Penjualan dengan Mempermudah Pekerjaan Sales

Seorang sales adalah sosok yang harus mengeluarkan tenaga dan pikiran setiap menjalankan tugasnya. Mereka juga bekerja tidak seperti staf administrasi atau pun karyawan produksi jika perusahaan Anda bergerak dibidang manufaktur. Salesman dituntut untuk bekerja menguras tenaga ketika ia harus bertemu dengan calon pelanggan. Mereka juga harus memikirkan strategi yang kuat untuk bisa menjual produk.

Sangat penting bagi perusahaan untuk memikirkan cara yang paling efektif dalam mempekerjakan seorang salesman. Perusahaan harus bisa memberi ruang khusus agar pekerjaan mereka lebih efektif. Jika terlalu banyak beban tugas yang diberikan oleh perusahaan, nilai efektifitas kinerja salesman Anda akan berkurang. Dampak langsung yang diterima oleh perusahaan ialah penjualan tidak optimal atau bahkan calon pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli produk Anda.

Sebagai pimpinan perusahaan atau sales leader, Anda harus bisa mengurangi beban tugas salesman Anda. Tujuannya adalah agar mereka mampu bekerja dengan baik setiap hari dan bisa lebih mengoptimalkan penjualan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengurangi beban salesman tapi membuat kinerja mereka lebih efektif.

1.Pahami alur kerja

Perusahaan harus benar-benar memahami alur kerja tim sales (SOP Sales). Lihat alurnya dengan baik, jika ada yang bisa dilakukan lebih efisien Anda dapat mencobanya. Sebagai contoh, tanyakan kepada tim sales Anda, apa yang mereka butuhkan agar pekerjaan mereka lebih ringkas, apakah memerlukan CRM, alat perencanaan proyek, spreadsheet dan lain sebagainya. Jika ada, Anda dapat memenuhi permintaan tim sales tersebut, dengan syarat kinerja mereka harus bisa lebih efektif.

2. Seberapa sering Anda berinteraksi dengan tim sales

Lagi, interaksi adalah kunci utama untuk mengetahui semua kebutuhan. Jika ingin menjaga dan mempertahankan pelanggan agar lebih loyal, Anda harus menjaga hubungan dengan pelanggan. Begitu juga dalam tim Anda, ketika ada seorang tim yang tidak bisa melakukan penjualan, mungkin ada masalah yang tengah dihadapi. Coba ajak mereka berbicara untuk mengetahu apa kendala yang mereka hadapi.

3. Mengurangi prospek yang tidak jelas

Meski Anda ingin membukukan penjualan yang banyak, ada baiknya jika Anda meminta salesman Anda untuk memfilter calon pelanggan yang telah dikumpulkan oleh tim marketing. Pilihlah pelanggan yang benar-benar akan memberikan prospek yang lebih cerah untuk masa depan perusahaan. Dalam hal ini, data akan membantu Anda menyortir calon pelanggan dengan lebih cepat. Untuk mengolah data tersebut Anda dapat memanfaatkan CRM.

Bagimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki cara tersendiri untuk melakukan penjualan yang lebih efektif? Silakan tinggalkan pesan Anda melalui komentar atau dengan mengirimkan email ke hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Unsplash.com