Return to site

Cara Menjual Dengan Waktu Yang Lebih Singkat

Produktivitas meningkat, penjualan pun mantap!

· Tips Sales

Tidak ada orang yang suka membuang-buang waktu. Entah itu bagi seorang bisnisman, salesman, marketer bahkan petani sekali pun. Semua ingin bekerja dengan cepat dan efektif dengan waktu yang maksimal. Artinya, mereka semua ingin bekerja tepat waktu atau bahkan dapat mengurangi waktu dari yang ditetapkan sebelumnya.

Khusus untuk Anda yang bekerja sebagai sales, berikut adalah beberapa tips untuk bekerja dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan mempercepat proses penjualan Anda.

1. Jangan menawarkan produk terlalu sering pada orang yang tidak memiliki minat

Anda pasti pernah bertemu dengan salesman yang menawarkan produk kepada Anda, tetapi Anda tidak memiliki minat dengan produk tesebut. Ketika sales tersebut menawarkan produk, meskipun ia berbicara hingga 30 menit untuk menjelaskan produknya, Anda hanya akan mendengarkan tetapi tidak mengikuti. Begitu pula yang terjadi pada Anda ketika menawarkan produk pada orang yang tidak memiliki minat. Anda hanya memperlambat pekerjaan Anda dan membuang waktu dalam bekerja.

2. Manfaatkan waktu terbaik yang dimiliki oleh prospek

Jangan pernah mengganggu/menghubungi prospek Anda pada jam-jam sibuk yang berkisar pada pukul 7-10 pagi kecuali Anda memiliki izin dari prospek tersebut untuk menghubunginya pada jam tersebut. Jika Anda memiliki kepentingan dengan prospek dan belum memiliki izin untuk menghubungi pada waktu tertentu, lebih baik Anda menghubungi prospek ini pada jam 5-6 sore. Untuk panggilan-panggilan selanjutnya, Anda harus meminta jadwal dengan prospek agar sesuai dengan kondisi prospek.

3. Kualifikasi prospek dengan tepat

Salah satu penyebab sales kehilangan banyak waktu adalah kehilangan momen ketika terlalu lama melayani prospsek-prospek yang tidak memiliki potensi. Oleh karena itu, minimalisir upaya untuk menghabiskan waktu karena prospek tidak berkualitas dengan memfilter prospek yang memiliki kiteria sebagai pengambil keputusan, memiliki kebutuhan, waktu yang tepat dan siap membeli.

4. Membuat perencanaan esok hari

Jika hari ini tidak menjadi hari yang baik untuk Anda atau tidak mencapai closing, jangan pernah menyerah. Anda harus mulai merencanakan strategi seperti apa yang akan Anda pilih untuk menghadapi tantangan esok hari. Sehingga, sekali pun Anda esok juga mengalami kegagalan, ada rencana dan strategi baru yang dapat Anda maksimalkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com