Return to site

Cara Untuk Membawa Sales Representatif Pada Kesuksesan

Tanggung jawab leader terhadap sales representatif

· Leadership

Memiliki sales representatif (sales reps) yang sukses tentu akan berimbas pada keberhasilan penjualan. Jika sales leader acuh pada tim yang mereka asuh, tentu sales representatif akan sulit untuk berkembang. Jangan hanya karena Anda sudah merekrut sales representatif dengan pengalaman kerja yang cukup lama membuat Anda berpikir bahwa tidak ada lagi yang perlu Anda lakukan untuk membawanya pada kesuksesan.

Ingat, leader dipilih oleh perusahaan bertanggung jawab pada keberhasilan sales represntatif. Jika Anda angkat tangan dengan pertumbuhan sales reps, itu artinya Anda juga tidak mau tahu apapun risiko penjualan yang akan dihadapi oleh perusahaan. Oleh karena itu, mulailah untuk melatih sales representatif untuk mencapai kesuksesan. Karena ini juga akan membawa Anda secara pribadi untuk mengerti kondisi dan risiko pasar yang akan dihadapi oleh perusahaan di masa depan.

Apa saja yang harus dilakukan oleh leader untuk membantu tim sales reps untuk mencapai kesuksesan?

1. Melatih sales reps untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing

Seorang leader yang baik tidak menganggap semua sales representatif itu sama. Melainkan ia sadar bahwa selalu ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sales reps. Latihlah mereka untuk mengenali kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sehingga Anda tahu kapan harus melatih menumbuhkan kelebihan dan kapan harus mulai mengurangi kelemahannya dengan pelatihan-pelatihan yang lebih intensif.

2. Mendiskusikan masalah yang dihadapi oleh tim sales

Awal dan pertengahan proses dalam sales pipeline merupakan bagian penting yang harus bisa diselesaikan dengan baik oleh sales representatif. Tanyakan kepada mereka, apa saja yang menjadi masalah terbesar selama menjalani proses awal dan pertengahan tersebut. Selesaikan dengan berbagi strategi yang efektif dan se-efisien mungkin. Jika Anda hanya bertanya pada hasil akhir, Anda tidak akan pernah tahu masalah yang dihadapi oleh sales representatif.

3. Menanyakan kendala yang dialami oleh sales representatif secara personal dan berikan solusi

Tidak semua sales representatif bersedia menceritakan masalah yang ia hadapi di depan semua orang. Oleh karena itu, cobalah untuk menanyakan masalah-masalah yang mereka hadapi secara personal dengan sales reps. Jika tim memiliki kendala, berikan solusi. Jangan biarkan tim Anda mencari solusi sendiri. Karena, tidak semua sales reps menjadi problem solver untuk masalah yang ia hadapi saat ini.

Itulah beberapa tips untuk membantu sales representatif mencapai kesuksesan dari kami. Jika Anda ingin mendapatkan tips-tips lain berkaitan dengan sales leader, silakan pilih kategori leadership di bawah title artikel ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com