Return to site

Cara Untuk Memulai Pemasaran Dengan Efektif

Hal-hal yang diperhatikan sebelum pemasaran.

· Tips Marketing

Menjalankan bisnis baik itu lama ataupun baru serta menjadi seorang marketer tentu harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk memulai pemasaran. Tidak peduli ia adalah pelaku bisnis lama ataupun pelaku bisnis baru, marketer lama maupun marketer baru semua memiliki tugas yang sama dalam mulai memasarkan produk. Mengapa demikian? Tidak semua produk cocok dengan metode pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh sebab itu, wajib bagi Anda untuk memahami dasar untuk mulai memasarkan produk.

Metode pemasaran memang berbeda-beda, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan menjadi elemen dasar dalam memulai pemasaran.

1. Pilih penawaran yang akan Anda berikan pada prospek

Jangan terpengaruh dengan tren penawaran yang Anda temukan di pasar saat ini. Cukup percaya dengan kemampuan Anda dan bagaimana nilai produk untuk menentukan metode penawaran yang akan Anda berikan pada prospek/pelanggan. Anda adalah pemilik produk dan adalah orang yang paling memahami produk. Oleh karena itu, pilihlah penawaran yang tepat sesuai dengan gaya dalam perusahaan Anda.

2. Pilih media untuk pemasaran Anda

Setelah Anda memiliki metode penawaran yang sesuai dengan produk, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih media yang tepat untuk Anda gunakan dalam memasarkan produk. Apakah Anda akan fokus pada marketing offline atau juga dengan memanfaatkan digital marketing. Khusus untuk digital marketing, Anda tidak perlu langsung masuk pada semua media, pilih satu atau maksimal tiga untuk melihat antusiasme audiens. Jika Anda melihat minat audiens tinggi, Anda dapat menambah media lain yang dapat Anda jadikan tempat untuk pemasaran.

3. Melacak pemasaran yang Anda lakukan

Melacak efektivitas pemasaran adalah hal yang paling sulit dan memakan banyak waktu jika dilakukan secara manual. Karena melacak pemasaran ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif pemasaran yang Anda lakukan, media mana yang membawa banyak pelanggan/prospek dan faktor-faktor lainnya.

4. Menganalisa data

Setelah Anda melacak pemasaran yang efektif, tugas selanjutnya adalah menganalisa data yang sudah Anda kumpulkan dari pelacakan tersebut. Analisa juga dapat membuka jalan bagi Anda guna melihat dimana letak keberhasilan dan kegagalan pemasaran dengan baik. Sama halnya dengan melacak pemasaran, menganalisa merupakan hal sulit dan dapat menghabiskan banyak waktu bagi Anda jika dilakukan secara tradisional (manual). Beruntungnya saat ini sudah terdapat software atau aplikasi yang dapat melakukannya secara otomatis seperti aplikasi CRM berbasis cloud (cloud based CRM).

5. Optimasi pemasaran

Ketika Anda berhasil melakukan pelacakan dan analisa data dengan baik, selanjutnya adalah dengan melakukan optimasi pemasaran berdasarkan target yang tepat. Aplikasi CRM yang memiliki kemampuan untuk memprediksi dan mengolah data dengan baik, dapat Anda jadikan acuan sebelum memutuskan untuk mulai dalam pemasaran. Dengan CRM Anda dapat memfokuskan pemasaran untuk menarik pelanggan baru atau dengan meningkatkan retensi pembelian dari pelanggan lama. Semua dapat Anda lakukan dalam satu genggaman, Anda pun dapat menghemat waktu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Add paragraph text here.