Return to site

Cara Untuk Menambah Kekuatan Brand Awareness Bisnis Anda

Agar pelanggan lebih mudah mengenal produk dan layanan kita

· Tips Sales,Tips Bisnis

Selain produk, brand/merek adalah yang terpenting dalam bisnis. Dengan mengingat produk saja tidak cukup bagi pelanggan untuk memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Brand akan menjadi penanda yang dapat memudahkan pelanggan untuk memilih produk yang tepat dan memenuhi syarat kebutuhan pelanggan. Olah karena itu, merek menjadi aset yang paling berhara yang dapat membangun bisnis menjadi sangat penting bagi para pelanggan. Beruntungnya, jika produk bergantung pada pelanggan, brand merupakan aset yang dapat Anda kendalikan sendiri. Jika Anda ingin memiliki brand yang kuat, maka Anda harus dapat memenuhi syarat-syarat berikut.

1. Konsisten dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan

Setelah Anda mendapatkan loyalitas, Anda harus konsisten dengan semua yang telah Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Jangan sampai ada yang Anda kurangi agar mereka tidak pergi. Setiap kesalahan kecil yang Anda lakukan dapat berujung pada efek yang sangat besar untuk pertumbuhan brand Anda.

2. Meningkatkan kesadaran pelanggan dengan selalu menjaga hubungan yang baik

Setelah pelanggan memahami brand dan keunikan bisnis Anda, tugas Anda selanjutnya adalah menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggan yang Anda mililki. Bangun loyalitas pelanggan dan tarik rekomendasi yang positif sebanyak-banyaknya agar pelanggan Anda menjadi marketer untuk produk Anda baik dengan affiliate maupun mouth of mouth marketing.

3. Memiliki keunikan dan perbedaan yang mudah diingat oleh pelanggan

Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dibandingkan bisnis lain? Mengapa pelanggan harus memilih Anda? Itu menjadi salah satu pertanyaan yang perlu Anda jawab dan buatlah sebuh pesan dalam branding Anda. Hal ini harus Anda tujukkan dengan sesuatu yang positif dan paling menonjol.  Seperti kualitas produk, model produk dan lain sebagainya untuk memastikan bahwa dengan cara ini Adan dapat menarik perhatian pelanggan Anda.

4. Kolaborasi antar tim dan departemen

Karyawan, tim sales dan staff internal perusahaan harus memiliki kolaborasi yang baik. Alur informasi tentang pelanggan harus berada pada tempat terpusat yang mempercepat perusahaan saat mengakses. Setiap data transaksi, data komplain, data pribadi pelanggan dapat dilihat oleh tim yang terhubung (customer service/support, tim sales, tim marketing, sales manager dll). Sehingga ketika pelanggan sudah ditangani oleh tim sebelumnya, tim lain tidak perlu melakukan tindakan apa pun. 

Sistem CRM memberikan peran untuk kolaborasi ini. Anda dapat lebih mudah dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi oleh masing-masing departemen dengan berbasis data. Menyelesaikan masalah pelanggan pun dapat dikolaborasikan dengan baik melalui sistem CRM. Ketika Anda berhasil berkolaborasi secara internal, secara tidak langsung, masalah-masalah yang diihadapi pelanggan semakin cepat diatasi dan pelanggan pun lebih puas. Kepuasan ini akan semakin mendorong brand awaraness untuk bisnis maupun produk/layanan Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com