Return to site

Cara Untuk Menemukan Target Pasar Yang Tepat

Memilih target pasar yang tepat

· Tips Marketing

Salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis adalah dengan menentukan target pasar yang tepat melalui riset pasar. Karena dengan cara ini, Informasi yang dihasilkan dari proses ini sangat berharga terutama saat menggunakannya untuk menghasilkan rencana pemasaran dan membuat bisnis Anda lebih menguntungkan.

Karena keberhasilan marketing dan penjualan adalah dari pasar yang Anda pilih, tidak ada alasan untuk Anda mengabaikan cara untuk menargetkan pasar dengan tepat. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menemukan target pasar untuk bisnis Anda? Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan:

1. Mulailah Dengan Perencanaan Bisnis

Sebelum Anda mulai mencari target pasar, Anda harus memiliki perencanaan bisnis yang matang. Dimana dalam hal ini Anda harus mulai menyusun strategi untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan berikut ini:

  • Apa manfaat dari produk/layanan yang ingin Anda berikan kepada pelanggan?
  • Apa model penjualan yang ingin Anda lakukan untuk mencapai target?

Ketika Anda dapat menjawab dua pertanyaan diatas Anda sudah memiliki gambaran bagaimana cara Anda untuk mulai memasarkan produk.

2. Tentukan bagaimana cara Anda menjual

Anda sudah memiliki produk/layanan yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan, Anda juga sudah memiliki target yang ingin Anda capai, selanjutnya adalah bagaimana cara Anda menjual produk tersebut kepada pelanggan, apakah melalui social media, website, door to door atau dengan cara lain.

3. Identifikasi nilai keunikan Anda

Apa yang unik dari produk yang Anda miliki saat ini, tentukan nilai keunikan tersebut sebagai bagian dari upaya Anda menemukan target pasar yang tepat. Contoh, Anda menjual produk yang berhubungan dengan teknologi, maka Anda harus menemukan target pasar yang sesuai dengan produk Anda seperti bergabung pada komunitas pecinta teknologi atau dengan mengembangkan komunitas sendiri sebagai tempat berkumpulnya komunitas untuk produk Anda. Selanjutnya, mulai perkenalkan keunikan dari produk Anda pada komunitas tersebut. Karena mereka adalah tempat yang tepat untuk mengenal produk yang serupa dengan produk Anda dari kompetitor, tentu ini akan lebih cepat bagi mereka menerima keunikan dari produk Anda tersebut.

4. Mendemografikan profil calon pelanggan

Pilih calon target pelanggan Anda berdasarkan usia, gender, hobi dan lain sebagainya untuk dapat membuat materi kampanye dan marketing yang tepat, sesuai dengan perilaku dari calon pelanggan Anda. Dengan cara ini Anda dapat memaksimalkan potensi yang akan Anda dapatkan dengan cara yang lebih efisien.

5. Determinasi media yang akan Anda gunakan

Tidak semua media cocok untuk bisnis Anda, oleh karena itu, pilihlah media yang benar-benar sesuai dengan karakter calon pelanggan Anda. Apakah melalui brosur, televisi, spanduk dan lain sebagainya. Media yang tepat akan meningkatkan jumlah audiens yang dapat Anda konversi menjadi lead yang berkualitas.

Ilustrasi (c) Pexels.com