Return to site

Cara Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan

Seberapa senangkah pelanggan-pelanggan Anda?

· Tips Sales

Memiliki pelanggan yang puas terhadap layanan/produk yang kita tawarkan tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi pelaku bisnis dan salesperson. Selain dapat meningkatkan brand awareness, kepuasan pelanggan juga dapat meningkatkan jumlah pelanggan serta penjualan secara berkelanjutan. Perusahaan yang tidak dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan cenderung akan tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan perusahaan yang mampu menjaganya. Hal ini dikarenakan tingkat loyalitas dari pelanggan yang berbeda antara keduanya.

Untuk Anda yang selama ini tidak memperhatikan tingkat kepuasan pelanggan, ada baiknya menghadapi tahun 2019 ini dengan mengubah cara dalam melayani pelanggan. Dari yang awalnya menjalankan strategi money oriented menjadi customer oriented. Sebelum Anda memulainya, berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki.

1. Membuat survei tingkat kepuasan pelanggan-pelanggan Anda

Buatlah survei untuk memahami seberapa besar kepuasan pelanggan Anda terhadap produk/layanan/perusahaan dan juga kepuasan terhadap sales yang melayani. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari survei ini, Anda memiliki peluang untuk bisa menyeimbangkan layanan dan kebutuhan/keinginan pelanggan.

2. Meminta pelanggan untuk menceritakan pengalaman negatif yang pernah dialami

Tidak semua pelanggan merasa senang dengan apa yang sudah Anda berikan. Meskipun perusahaan merasa sudah melakukan yang terbaik, terkadang ada saja pelanggan yang merasa tidak diperhatikan oleh perusahaan. Untuk mengetahui titik lemah yang tidak dapat terdeteksi ini, Anda dapat meminta pelanggan menceritakan pengalaman negatif yang pernah dirasakan sebelumnya. Jadikan pengalaman-pengalaman negatif pelanggan ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan layanan Anda di masa depan.

3. Melakukan survei numerik atau rating

Jika pada survei pertama Anda mengirimkan survei yang bersifat pertanyaan (kuisioner) dengan pilihan jawaban ganda, Anda dapat melakukan survei dengan cara lain yakni dengan menggunakan nilai atau dengan rating. Dengan nilai dan rating, Anda memiliki potensi untuk mengetahui secara pasti penilaian pelanggan terhadap tingkat kepuasan yang mereka alami.

4. Menjadikan data sebagai informasi penting di masa depan

Simpan semua data hasil survei yang Anda dapatkan. Jadikan data-data tersebut sebagai bagian dari rencana Anda untuk membangun kepuasan pelanggan. Untuk menyimpan data dengan lebih aman dan mudah diakses oleh semua tim, Anda dapat menyimpan hasil survei pada sistem yang terpusat.

Ilustrasi (c) Unsplash.com