Return to site

CRM Dalam Membantu Seluruh Tim Di Perusahaan Anda

· CRM Software,CRM di Jakarta

Ditengah banyaknya pilihan akan produk dan layanan, harga bukan lagi menjadi pilihan pelanggan, tetapi pelanggan akan menghargai hubungan daripada harga produk. Jika Anda tidak memperlakukan pelanggan seperti yang mereka harapkan, akan lebih mudah bagi mereka untuk meninggalkan Anda untuk menjadi pelanggan salah satu pesaing Anda. Bahkan, Anda harus bisa mengambil tindakan untuk mencegah kehilangan pelanggan seorang pun. Untuk memperlakukan pelanggan sebagaimana mereka ingin diperlakukan, Anda perlu mengenal mereka dengan bail. Satu-satunya cara untuk mencapai hal ini adalah dengan menggunakan data untuk membuat gambaran tentang mereka.

Solusi CRM memungkinkan Anda untuk mengumpulkan dan menggunakan data pelanggan di setiap titik proses yang telah dilalu oleh pelanggan, sehingga Anda dapat memberikan pengalaman yang konsisten kepada setiap pelanggan Anda. Untuk melakukan ini dengan sukses, Anda membutuhkan semua data pelanggan Anda di satu tempat. Dengan CRM, semua departemen yang terhubung dengan pelanggan seperti pemasaran, penjualan, pengiriman, dan dukungan berada di platform data yang sama. Ada banyak alasan mengapa Anda membutuhkan CRM untuk membangun hubungan pelanggan yang loyal dan bersaing di era digital, berikut adalah lima alasan yang paling penting yang harus Anda ketahui:

1. Penyelarasan sales dan marketing

Dengan CRM, tim sales dan marketing dapat berkolaborasi dengan cara yang lebih dekat dan lebih baik. Dari disposisi prospek hingga interaksi pelanggan, mereka bekerja bersama untuk mendorong prospek melalui pipeline. Mereka tidak lagi bekerja dalam silo dengan sistem yang terpisah atau harus memikirkan proses sinkronisasi data secara manual. Penyelarasan antar tim sangat penting untuk closing lebih banyak peluang dan mengembangkan bisnis. Alur kerja secara otomatis dan disertai sistem analitik real-time dapat menjembatani kesenjangan antara kedua tim. Fitur-fitur ini juga memberikan akuntabilitas kepada masing-masing tim, dan membawa mereka untuk berkolaborasi dengan cara yang baru dan inovatif.

2. Aksesibilitas dan keandalan data

Ketika data yang dikumpulkan oleh tim dimasukkan ke dalam sistem yang sama, Anda menghilangkan ketidaksesuaian data yang terjadi ketika kontak yang berbeda atau data lain dimasukkan ke dalam dua sistem terpisah. Setiap orang bekerja dalam struktur data yang sama, meningkatkan integritas data secara eksponensial. Ketika data baru dimasukkan ke dalam sistem, itu diperbarui secara real time untuk dilihat semua orang.

CRM memiliki segalanya di satu platform untuk menghilangkan kebutuhan akan integrasi tambahan antar sistem dan mengurangi kemungkinan kesalahan data pelanggan. Ini juga memastikan bahwa setiap orang yang terlibat dengan pelanggan memiliki akses ke profil pelanggan yang lengkap dan riwayat interaksi.

3. Hubungan pelanggan yang lebih baik

CRM menyimpan data setiap pelanggan dan prospek, termasuk data demografis, penelusuran dan perilaku pembelian, interaksi dengan perusahaan Anda, riwayat pembelian, tantangan, dan banyak lagi. Akses cepat dan mudah ke data tersebut memungkinkan tim yang berhadapan dengan pelanggan dengan cepat mengumpulkan wawasan tentang siapa pelanggan yang Anda hadapi, produk apa yang mereka beli dan tingkat kepuasan produk atau layanan yang mereka dapatkan dari tim. Ini semua memberi kemampuan kepada tim dukungan pelanggan untuk berbicara dengan pelanggan pada posisi yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Tim Anda dapat membentuk hubungan dekat dengan pelanggan dan mempersonalisasi interaksi untuk membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan membangun kepercayaan.

4. Wawasan dan analisis yang lebih baik

CRM mengumpulkan data di berbagai metrik yang terukur, mulai dari keterlibatan kampanye pemasaran hingga kepuasan dan retensi pelanggan. Memantau dan menganalisis metrik membantu bisnis mengidentifikasi strategi dan taktik mana yang memberikan hasil yang diinginkan dan mana yang tidak. Hal ini tentunya dapat memungkinkan Anda untuk memusatkan perhatian pada taktik yang berhasil dan menghapus taktik yang gagal.

5. Kepuasan pelanggan meningkat

Pengalaman pelanggan akan mengambil alih harga dan produk sebagai pembeda utama dalam keputusan pembelian konsumen. Untuk membuat dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa demi mencapai tujuan tersebut, Anda memerlukan CRM. Dengan CRM Anda dapat memberdayakan tim dengan data yang akurat, pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan, efisiensi dan kemampuan untuk memberikan interaksi yang dipersonalisasi di seluruh perjalanan pelanggan. Pengalaman pelanggan yang baik meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, dan retensi pelanggan serta dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan CRM sekarang juga untuk membantu efisiensi pekerjaan tim Anda dan meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja. Anda juga dapat melakukan analisa yang lebih baik untuk menentukan target pelanggan yang paling ideal untuk bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com