Return to site

CRM Di Indonesia dan Prediksi CRM Global 2017

Melihat perkembangan Internet dan Smartphone serta CRM di Indonesia

· CRM,CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia
Customer Relationship management (CRM) di Indonesia

Data yang semakin kompleks, persaingan yang semakin ketat, pengeluaran biaya yang semakin besar, kecepatan dalam menangani masalah pelanggan sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Untuk itu banyak perusahaan menerapkan CRM sebagai solusi mengatasi masalah-masalah tersebut. Jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan di luar negeri, penggunaan CRM di Indonesia saat ini masih sangat minim.

Minimnya penerapan CRM di Indonesia bukan karena Indonesia terlalu tertinggal dalam inovasi marketing ini. Perusahaan-perusahaan besar di Jakarta sudah mulai menerapkan CRM untuk bisnis mereka, hanya saja CRM di Surabaya, Bandung dan kota-kota besar lainnya tidak se-familiar seperti penerapan CRM di Jakarta.

Padahal secara global, penggunaan CRM untuk bisnis pada tahun 2017 di prediksi akan mengalami peningkatan dengan total pasar yang mencapai USD36 miliar. Bisa dibayangkan betapa tingginya minat perusahaan luar akan CRM dibandingkan dengan minat penggunaan CRM di Indonesia.

Prediksi market CRM mobile secara global

Berdasarkan prediksi BSMinfo, Mobile/Smartphone dan platform Self-Serve CRM akan melanjutkan dominasinya untuk meningkatkan bisnis dan juga untuk mengurangi biaya. Jika dijabarkan lebih lanjut, Mobile akan terus mendominasi untuk kepentingan bisnis dan menjadi mesin penjualan. Sebagai contoh, dengan Software CRM di smartphone perusahaan akan sangat mudah menerima laporan penjualan. Kondisi ini pun turut berkontribusi dalam tingkat kecepatan pengolahan data dengan sistem CRM Software. Dengan demikian, maka perusahaan akan lebih menghemat biaya maupun waktu.

Selain itu, prediksi perkembangan cloud yang terus mengalami peningkatan akan semakin membawa perusahaan semakin cepat bergerak. Salah satunya adalah platform CRM System yang berbasis cloud yang semakin cerdas dalam mengolah data. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan di luar negeri saat ini semakin gencar dalam menerapkan CRM untuk bisnis mereka. Begitu pula di Indonesia, perusahaan yang sudah memanfaatkan CRM sebagai penunjang bisnis mereka di Indonesia akan terus mengikuti perkembangan teknologi ini untuk menjaring pelanggan baru dan menjaga para pelanggan lama mereka.

Perkembangan pengguna Smartphone dan Internet di Indonesia

Berbicara tentang statistik pengguna smartphone, Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone yang sangat besar. Selain menjadi “ladang” vendor smartphone, Indonesia pun juga menjadi negara yang memiliki tingkat pertumbuhan pengguna internet melalui smartphone yang cukup meyakinkan hingga akhir 2016 lalu.

Berdasarkan data dari Internet Live Stats, hingga akhir tahun lalu jumlah pengguna internet di indonesia berkisar 53,2 juta dengan menggunakan device laptop/pc, handphone/smartphone/tablet naik 6.5% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Yang menarik adalah, dengan jumlah pengguna 53,2 juta penetrasi pengguna internet di Indonesia baru 20% dengan demikian jumlah tersebut masih terbilang sangat kecil dan memiliki peluang tumbuh lebih besar ditambah lagi dengan semakin membaiknya koneksi internet dan makin maraknya smartphone dengan harga terjangkau di Indonesia akan sangat membuka peluang untuk tumbuh lebih besar lagi.

Pengguna internet mulai beralih ke Mobile/Smartphone

Peran PC/Laptop saat ini terus mengalami penurunan seiring dengan hadirnya smartphone yang memiliki fitur lebih lengkap. Pengguna internet di Indonesia pun saat ini lebih didominasi oleh pengguna smartphone. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh We Are Social, traffic pengunjung website dengan smartphone di Indonesia Indonesia mencapai 70% dan hanya 28% yang menggunakan laptop atau PC.

Pentingya CRM Software yang Mobile Friendly

Dengan alasan kemudahan, adalah sebuah keharusan Anda memilih CRM yang dapat diakses menggunakan smartphone. Dapat diakses saja tidak cukup, CRM software yang ringan di Smartphone dan memiliki aplikasi khusus untuk smartphone akan menambah produktivitas Anda untuk tetap terhubung dengan para pelanggan.

Apabila Anda memiliki data lain tentang perkembangan smartphone, internet dan CRM di Indonesia atau memiliki pengalaman dengan menggunakan CRM Mobile yang dapat kami tambahkan untuk artikel ini, Anda dapat menghubungi kami di hi@sales1crm.com.