Return to site

CRM Indonesia 101: Fungsi CRM Untuk Membantu Bisnis

· CRM Software,CRM Indonesia

Bisnis yang berbeda, pasar yang berbeda, kasus penggunaan yang unik. Menjadi perangkat lunak CRM itu sulit. Tapi itulah mengapa CRM ada, CRM untuk membantu sales representatif dan manajer memenuhi kebutuhan penjualan terlepas dari kompleksitas dan besarnya. Karena itu, memilih CRM yang tepat tidaklah mudah karena ada berbagai CRM di pasar yang tidak memberikan apa yang mereka janjikan. Berikut adalah fungsionalitas CRM untuk membantu bisnis apa pun

1. Skor Prospek ke prospek yang diprioritaskan

Anda dapat menentukan aturan untuk memantau keunggulan dalam perangkat lunak CRM. Aturan dapat didasarkan pada parameter dasar (seperti jabatan, lokasi geografis, industri) atau pemicu lanjutan (seperti saat prospek membuka email). Jadi, jika prospek Anda adalah CTO startup, misalnya, Anda dapat menetapkan aturan untuk menetapkan 15 poin secara default kepada mereka. Jika mereka membuka email Anda, bagus! Mereka mendapatkan 10 poin lagi. Semakin tinggi skornya, semakin tinggi tingkat keunggulannya; semakin tinggi posisi mereka dalam memimpin, semakin dekat mereka dengan pembelian.

2. Tindak lanjut

Menggunakan CRM, perwakilan dapat membuat kampanye yang bekerja berdasarkan perilaku penerima. Jadi jika prospek membalas email Anda dalam 2 hari, Anda dapat mengatur pengingat panggilan untuk melanjutkan hubungan. Jika mereka tidak membalas, Anda dapat menjadwalkan email tindak lanjut. Semua tanggapan Anda secara otomatis dijalankan sesuai jadwal, sehingga kampanye Anda tetap tepat waktu, relevan, dan pribadi.

3. Memahami siklus penjualan

Saat Anda membuat laporan siklus penjualan di CRM, laporan tersebut memberi tahu Anda waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh setiap sales representatif untuk menyelesaikan kesepakatan. Dengan cara ini Anda akan belajar bahwa tim dapat menutup dalam 28 hari, sementara tim lainnya dapat melakukannya dalam 19. Laporan kecepatan penjualan naik satu tingkat lebih dalam. Mereka menelusuri rata-rata setiap perwakilan dan mengidentifikasi durasi kesepakatan berdasarkan tahapan individualnya.

4. Memudahkan saat melakukan panggilan

Saat panggilan Anda sedang berlangsung, Anda dapat dengan cepat menelusuri daftar repetisi yang tersedia dan mentransfer panggilan. Jika Anda tidak yakin perwakilan mana yang merupakan titik kontak terbaik, Anda dapat mentransfer panggilan tersebut dan membiarkan mereka melanjutkan komunikasi. Mentransfer panggilan dapat dilakukan saat Anda menggunakan perangkat lunak telepon mandiri juga, tetapi lebih mudah jika perangkat lunak CRM Anda dilengkapi dengan telepon internal.

5. Otomatisasi tugas yang berulang

CRM memungkinkan perwakilan untuk membuat template email, dengan placeholder khusus dan pesan yang dipersonalisasi. Sebagai langkah selanjutnya, Anda dapat menjadikan email ini sebagai bagian dari "alur kerja" Anda. Alur kerja adalah urutan jika-maka, yang diaktifkan berdasarkan pemicu. Anda dapat menentukan pemicu dan respons terhadap pemicu. Dalam alur kerja khusus ini, setiap kali prospek baru memasuki CRM (pemicu), Anda dapat menginstruksikan perangkat lunak CRM untuk mengirim email selamat datang (tanggapan).

6. Memantau produktivitas

CRM bangga dapat memberikan wawasan mendalam kepada pengguna tentang pelanggan mereka, dan pelacakan perilaku pengguna adalah bagian besar dari tujuan ini. Anda mendapatkan kode tertentu di banyak bahasa pemrograman dan juga dukungan AI. Di mana ini akan membantu Anda utnuk memantau produktivitas tim Anda secara keseluruhan.

7. Memudahkan komunikasi dengan tim layanan pelanggan

Saat Anda mengintegrasikan Sales1 dengan helpdesk dukungan pelanggan, informasi penting dibagikan antara penjualan dan dukungan pelanggan secara real time. CRM menarik percakapan tiket dari tim support dan menampilkannya di profil kontak masing-masing. Sehingga, tim support dapat melihat bahwa kontak tertentu adalah bagian dari kesepakatan bernilai tinggi. Sales representatif kemudian dapat memanfaatkan informasi ini ketika mereka harus memprioritaskan tiket.