Return to site

CRM Indonesia 101 – Kriteria CRM Yang Harus Anda Pilih

· CRM Software,CRM Indonesia

Customer Relationship Management (CRM) adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Sistem CRM membantu Anda memahami perilaku pelanggan secara lebih rinci. Sistem CRM juga menyatukan informasi yang relevan dan menyajikannya kepada Anda dengan cara yang mudah untuk membantu meningkatkan penjualan, mendapatkan pelanggan baru atau mempertahankan yang sudah ada.

CRM merupakan platform yang dapat meningkatkan cara perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan saat. Ada banyak saluran berbeda yang sekarang digunakan pelanggan (seperti email, media sosial, dan bahkan SMS, yang sangat bagus untuk pemasaran SMS). CRM membantu membawa sumber data yang berbeda ini ke dalam satu lokasi, yang akan menguntungkan bisnis dan pelanggan. Ada beberapa kriteria yang berlaku untuk semua sistem CRM, apa pun jenisnya.

1. Sebagai permulaan, Anda perlu mengetahui di mana data pelanggan Anda berada

Sistem CRM yang baik dapat menyatukan data dari lokasi yang berbeda, dimana sistem memungkinkan Anda untuk berbagi wawasan dengan beberapa departemen dengan satu platform. Jika Anda mengalihkan kontak dan otomatisasi dari CRM sebelumnya, CRM yang Anda gunakan harus bisa melakukannya sesederhana mungkin.

2. Penyimpanan data pelanggan dan keamanannya

Keamanan data juga penting, karena Anda akan menyimpan interaksi pelanggan pada platform, artinya sangat penting bahwa hanya staf Anda yang dapat mengaksesnya. Cari CRM dengan rekam jejak keamanan yang baik, ingat pelanggaran data dapat berdampak serius pada reputasi Anda.

3. Kemudahan penggunaan

CRM harus menjadi platform yang dapat digunakan staf Anda tanpa pelatihan ekstensif. Sistem CRM Anda juga harus terintegrasi dengan baik dengan teknologi relevan apa pun yang sudah Anda gunakan, karena teknologi yang ada sering kali berisi data yang dibutuhkan sistem CRM. Jika Anda membutuhkan dukungan, Anda harus memiliki orang yang tepat yang dapat Anda ajak bicara. Meskipun pelanggan sering kali senang dengan bot dan AI, Anda tetap membutuhkan seseorang yang tahu apa yang mereka bicarakan.

4. Sistem pembayaran

Jika Anda mengharapkan bisnis Anda berkembang di masa mendatang, pertimbangkan model pembayaran. Sebuah bisnis kecil mungkin menggunakan sistem CRM di tempat untuk segelintir anggota staf. Namun, ini bisa sulit untuk diukur dan mungkin tidak menerima pembaruan perangkat lunak yang berguna. Sistem berbasis cloud lebih nyaman dalam jangka panjang, dan meskipun menuntut biaya berkelanjutan, pada akhirnya dapat membantu Anda mengurangi biaya untuk bisnis Anda. Ini juga lebih populer daripada CRM di tempat dengan margin yang cukup besar Sales1 CRM adalah platform CRM berbasis cloud yang dapat Anda gunakan dengan mudah, metode pembayaran yang mudah serta dukungan pelanggan yang lebih mudah.