Return to site

CRM Indonesia 101: Perbedaan CRM & Accounting Software

· CRM di Jakarta,CRM Retail,CRM Software

Platform/software CRM dan platform akuntansi (accounting platform) adalah platform yang berbeda namun memiliki beberapa kesamaan jika sudah diimplementasikan. Yang membedakan adalah akuntansi hanya fokus pada rekam hasil penjualan, sedangkan CRM mencakup rekap penjualan dan nilai pembelian yang dilakukan oleh pelanggan

Definisi sederhana dari "akuntansi"

Akuntansi adalah bagaimana bisnis Anda mencatat, mengatur, dan memahami informasi keuangannya. Akuntansi memberi tahu Anda apakah Anda mendapat untung atau tidak, berapa arus kas Anda, berapa nilai aset dan kewajiban perusahaan Anda saat ini, dan bagian mana dari bisnis Anda yang benar-benar menghasilkan uang. Fungsi utama dari platform akuntansi adalah:

  1. Menganalisis dan mencatat transaksi Kumpulkan semua faktur, laporan bank atau kredit, dan kuitansi dari transaksi bisnis.
  2. Beberapa bisnis menggunakan akuntansi entri tunggal di mana hanya pengeluaran atau pendapatan yang dimasukkan. Tetapi yang lebih umum adalah akuntansi entri ganda, yang mencatat setiap transaksi dalam dua akun: dari mana uang berasal dan digunakan untuk apa.
  3. Menyiapkan neraca saldo yang belum disesuaikan pada akhir periode pelaporan, buat daftar semua akun bisnis Anda dan mencari tahu saldonya.
  4. Menyiapkan jurnal penyesuaian pada akhir periode Ketika Anda perlu memperbarui entri yang telah Anda buat, Anda menyiapkan entri penyesuaian. Misalnya, jika klien terlambat membayar faktur dan Anda menawarkan diskon 5% untuk membantu mereka membayar, Anda akan memasukkan diskon sebagai entri penyesuaian sebagai lawan mengubah entri yang telah Anda buat.

Dari berbagai fungsi di atas, tidak ada satu pun yang terkait dengan hubungan terhadap pelanggan dan hanya fokus pada arus uang yang masuk untuk perusahaan. Dari platform akuntansi ini perusahaan dapat mengetahui laba dan kerugian perusahaan, tetapi tidak dapat mendeteksi retensi pelanggan, berapa banyak pelanggan melakukan pembelian dan sebagainya. Maka dari itu, integrasi sistem CRM dengan platform Akuntansi adalah solusi yang sangat baik untuk perusahaan Anda. Selain Anda mengetahui arus kas Anda juga dapat melihat berapa pembelian yang dilakukan oleh pelanggan untuk dipersonalisasikan pada program reward/loyalty perusahaan.