Return to site

CRM Indonesia 101: Perbedaan CRM & ERP & Manfaatnya Untuk Bisnis

· CRM Software,CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia

Dua alat pendukung di dunia bisnis yang sering ditemui adalah CRM (Customer Relationship management/Manajemen Hubungan Pelanggan) dan ERP (Enterprise Resource Planning). Keduanya adalah jenis teknologi serupa yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasi Anda. Tetapi ada beberapa perbedaan mendasar di antara kedua jenis software ini.

Ketahui, Apa itu CRM?

Seperti disebutkan, manajemen hubungan pelanggan adalah software yang dirancang untuk mengelola semua interaksi perusahaan Anda dengan pelanggan dan pelanggan potensial secara terpusat. CRM membantu bisnis Anda meningkatkan hubungan dengan pelanggan saat Anda terhubung pertama kali maupun dalam berkomunikasi selanjutnya.

Dengan software CRM, Anda memiliki satu lokasi pusat tempat Anda menyimpan semua informasi pelanggan dan calon pelanggan, mengungkap peluang untuk mengonversi penjualan, dan seterusnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang diberikan CRM untuk bisnis Anda:

  1. Layanan pelanggan yang lebih baik: Ini adalah manfaat paling jelas yang diberikan CRM kepada perusahaan Anda. Layanan pelanggan akan menjadi lebih baik secara eksponensial dengan software CRM, karena Anda akan memiliki catatan semua komunikasi dengan pelanggan. Itu berarti Anda dapat menawarkan kepada mereka tingkat layanan yang lebih personal berdasarkan apa yang Anda ketahui tentang mereka.
  2. Tingkat churn yang lebih rendah: Mengonversi pelanggan adalah satu hal yang lebih mudah terjadi, tetapi mempertahankan mereka adalah hal yang lebih sulit untuk dilakukan. Perpindahan pelanggan adalah masalah utama bagi beberapa bisnis dan CRM dapat membantu Anda menguranginya dengan menganalisis sentimen pelanggan, mengotomatiskan layanan tiket, mengotomatiskan layanan pelanggan, dan banyak lagi.
  3. Otomatisasi meningkatkan efisiensi: Mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dapat menghemat waktu tim Anda. Alat seperti itu membuka jalan bagi tim  untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih penting untuk menjalankan bisnis, meningkatkan efisiensi operasi Anda.

Apa itu ERP?

Software perencanaan sumber daya perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP) membantu perusahaan mengelola aktivitas bisnis sehari-hari. Ini termasuk mitigasi risiko dan penganggaran, manajemen pasokan, dan seterusnya. Paket ERP berbagi informasi dari berbagai sumber data untuk memastikan ada repositori pusat untuk mengelola operasi. Berikut adalah beberapa manfaat dari ERP:

  1. Meningkatkan kolaborasi perusahaan: Dengan memiliki data dari beberapa departemen di satu lokasi, lebih mudah bagi semua orang di perusahaan untuk melihat gambaran besar dan berkolaborasi secara efisien dan akurat dengan departemen lain.
  2. Layanan pelanggan yang lebih baik: Dengan komunikasi yang lebih baik dari departemen ke departemen, solusi ERP memungkinkan solusi layanan pelanggan menjadi lebih kuat. Ketika Anda memiliki data pelanggan yang lebih komprehensif dari sudut pandang ERP, artinya lebih siap untuk melayani mereka.
  3. Mengurangi biaya: ERP juga dapat membantu menghemat biaya dengan mengkonsolidasikan pelaporan keuangan dan menghilangkan replikasi data. Plus, bisnis dapat menganggarkan lebih baik dan mengalokasikan sumber daya ketika mereka memiliki pandangan tentang gambaran keuangan mereka, membantu mereka memangkas biaya.

Perbedaan antara CRM dan ERP

CRM dan ERP dirancang untuk membuat bisnis Anda lebih kuat, tetapi mereka melakukannya dengan cara yang berbeda. Sistem CRM berfokus pada sisi pelanggan, berusaha untuk meningkatkan penjualan Anda dengan memperkuat interaksi pelanggan melalui berbagai alatnya. Teknologi CRM bertujuan untuk menciptakan lebih banyak pelanggan setia, mengurangi tingkat churn.

Di sisi lain, rangkaian ERP meningkatkan efisiensi dengan memberi para eksekutif di perusahaan Anda "gambaran besar" real-time tentang apa yang terjadi di dalam perusahaan. Tujuannya di sini adalah untuk memotong biaya dan mengalokasikan sumber daya dengan lebih baik.