Return to site

Dampak Hubungan Dengan Pelanggan Terhadap Penjualan

Peluang yang didapatkan dari hubungan pelanggan

· Tips Sales

Sebelum kami memulai untuk menjelaskan seberapa besar dampak dari hubungan yang Anda jalin dengan pelanggan untuk membantu penjualan, kami ingin bertanya beberapa hal kepada Anda.

  • Seberapa serius Anda (sales/marketer/leader) dalam mengelola dan menjaga hubungan dengan pelanggan?
  • Berapa banyak pelanggan yang masih terhubung dengan Anda saat ini?
  • Apakah Anda cenderung lebih sering kehilangan pelanggan?
  • Apakah Anda masih sering mendapatkan respon dari pelanggan ketika menghubungi via telepon, email maupun media lainnya?

Dari beberapa pertanyaan di atas, jika 80% jawaban Anda adalah “Tidak”, itu artinya sistem hubungan Anda dengan pelanggan sedang berada pada kondisi kritis dan perlu segera melakukan perubahan.

Karena hubungan Anda dengan pelanggan jauh lebih berharga dibandingkan dengan usaha untuk membawa pelanggan baru. Dampak dari menjaga hubungan pelanggan pun sangat besar bagi perusahaan. Diantaranya, pertumbuhan bisnis yang lebih stabil dari retensi pelanggan, Biaya pemasaran lebih hemat jika menawarkan produk pada pelanggan lama, reputasi sebagai perusahaan yang baik terhadap pelanggan-pelanggannya akan didapatkan oleh perusahaan.

Selain itu, menjual produk kepada pelanggan lama jauh lebih cepat dibandingkan dengan penjualan yang mencari pelanggan baru. Hal ini dikarenakan pengalaman pelanggan terhadap produk Anda sudah mereka buktikan sendiri. Sedangkan bagi pelanggan baru, Anda harus mengikuti proses dan negosiasi yang jauh lebih panjang.

Sedangkan untuk Anda sendiri, ketika berhasil menjaga hubungan dengan pelanggan, Anda mampu melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Menemukan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, bukan hanya pada satu produk.

2. Anda memiliki solusi yang tepat ketika ada hal lain yang dibutuhkan oleh pelanggan.

3. Ada layanan lain yang bisa Anda berikan kepada pelanggan untuk membuat pelanggan lebih senang dengan apa yang Anda tawarkan.

Ketika Anda mendapatkan semuanya dari pelanggan, selain berhasil menjaga relasi, Anda juga sukses untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan penjualan yang didapatkan dari loyalitas pelanggan-pelanggan Anda.

Jadi, apakah Anda sudah paham dampak menjaga hubungan dengan pelanggan terhadap bisnis yang Anda miliki saat ini?

Ilustrasi (c) Flickr.com Creative Commons