Return to site

Dasar Strategi Untuk Mencapai Kesuksesan Presentasi

Mempresentasikan produk dengan cara yang lebih baik

· Tips Presentasi

Mempresentasikan bisnis akan selalu menjadi kekuatan tersendiri untuk mencapai penjualan. Diperlukan strategi yang tepat agar maksud dari presentasi yang dilakukan oleh sales dimengerti oleh audiens. Ketika maksud dari presentasi yang dilakukan dalam presentasi tidak dapat diterima oleh audiens atau prospek, usaha Anda pun hanya akan menjadi usaha sia-sia yang tidak dapat membawa penjualan.

 

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda pilih agar presentasi yang Anda lakukan memiliki hasil yang lebih baik.

 

1. Komunikasi yang baik dengan prospek

Presentasi bukan hanya waktu untuk Anda memperkenalkan produk dan diri kepada prospek. Memahami audiens dan bagaimana cara mereka berkomunikasi merupakan langkah pertama yang harus Anda kuasai. Memberi waktu kepada prospek untuk bertanya, dapat menjadi langkah penting agar Anda dapat menggali informasi lebih, apakah prospek Anda mengerti dengan presentasi Anda atau tidak.

 

2. Bahasa tubuh yang kuat

Presentasi bukan hanya dengan berkomunikasi secara verbal, bahasa tubuh Anda juga penting untuk menarik perhatian prospek. Bahasa tubuh Anda membantu prospek memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Oleh karena itu, jangan abaikan bahasa tubuh Anda saat sedang mempresentasikan produk/layanan Anda.

 

3. Susunan konten/materi presentasi

Jangan abaikan konten yang Anda berikan kepada prospek. Anda harus memberikan materi yang memiliki alur yang baik. Jangan membuat konten yang terlalu banyak, cukup pilih konten-konten yang memang layak untuk Anda masukkan dalam presentasi. Jangan melupakan konten penting yakni masalah yang dihadapi dan solusi untuk pelanggan. Karena ini akan menjadi titik dimana prospek akan percaya atau tidak.

 

4. Mengatasi keraguan dan membangun keyakinan

Tujuan presentasi adalah untuk meningkatkan kepercayaan prospek terhadap produk yang Anda miliki. Ketika Anda selesai mempresentasikan produk/layanan kepada prospek, apakah prospek akan menghubungi Anda untuk closing atau membutuhkan waktu tambahan. Ketika mereka belum bisa mengambil keputusan hingga waktu tertentu (1 – 3 bulan) ada kemungkinan mereka masih ragu dengan produk yang Anda tawarkan.

 

5. Penyampaian yang menarik

Hal terakhir yang menjadi strategi presentasi dari kami adalah bagaimana Anda sebagai speaker mampu menyampaikan presentasi Anda dengan baik. Penyampaian Anda di depan prospek atau audiens menjadi pendorong kepercayaan mereka kepada Anda.

Ilustrasi (c) Pxhere.com