Return to site

Data Sebagai Alat Untuk Kesuksesan Marketing

Memaksimalkan marketing berbasis data

· Tips Marketing

Metode pemasaran sudah tidak lagi seperti apa yang dulu dilakukan oleh marketer. Awalnya perusahaan hanya perlu melakukan panggilan kepada prospek, melakukan meeting, melihat produk, negosiasi dan prospek pun mengambil keputusan. Sayangnya, proses seperti ini saat ini kurang begitu efektif dalam mencari pelanggan baru. Metode marketing yang sukses saat ini adalah marketing yang mampu menarik minat, kepercayaan dan bagaimana Anda sebagai perusahaan dapat membantu pelanggan dalam memenuhi semua kebutuhan mereka.

 

Coba kita lihat kebiasaan pelanggan saat ini, mereka tidak perlu lagi datang ke toko untuk membeli smartphone, cukup dengan melihat spesifikasi dan merek, ia bisa langsung melakukan pembelian melalui toko online tanpa harus melihat produknya nanti akan diterima dalam kondisi bagaimana, berapa lama ia menunggu pesanannya diterima dan sebagainya.

 

Mereka tidak membutuhkan penjelasan penjual lagi, karena mereka percaya bahwa produk yang ia pilih adalah yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan bermodalkan dua dasar itu saja pelanggan sudah bisa mengambil keputusan tanpa harus meeting dengan sales atau mendapatkan penawaran-penawaran. Bahkan dari satu marketing yang dilakukan oleh perusahaan sudah bisa menarik minat pelanggan hingga mampu menjadikan orang yang melihat iklan smartphone tersebut yakin.

 

Begitu juga untuk produk yang Anda jual saat ini, Anda tidak perlu melakukan kampanye berulang-ulang hingga menggunakan budget marketing yang diluar prediksi. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan pemasaran berbasis data untuk mencari target yang tepat. Selanjutnya dengan membuat konten kampanye yang dapat menarik minat dari audiens kampanye yang Anda lakukan.

 

Marketing berbasis data adalah metode marketing yang dilakukan dengan memanfaatkan data-data pelanggan yang diambil dari hasil hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Semakin dekat hubungan perusahaan dengan pelanggan semakin banyak data yang dapat diambil untuk menciptakan strategi marketing yang akurat untuk menjangkau prospek.

 

Bagaimana cara efektif untuk menyimpan data pelanggan adalah dengan menggunakan CRM. Anda dapat mengumpulkan semua data baik berupa feedback, ide yang masuk dari pelanggan, komplain yang diterima oleh perusahaan dari pelanggan, semua dapat disimpan dalam satu tempat terpusat dan mudah diakses oleh semua tim.

 

Bagaimana cara marketer melakukan pendekatan yang lebih menyeluruh dengan memanfaatkan analisa data pelanggan? Caranya cukup sederhana pelanggan dapat melakukan segmentasi pelanggan, mengembangkan profil pelanggan dan memisahkan pelanggan dengan kebutuhan berbeda serta dengan menjangkau pelanggan melalui upaya-upaya seperti melakukan survei untuk melengkapi data pelanggan sesuai kebutuhan perusahaan.

 

Itulah mengapa menjaga hubungan dengan pelanggan merupakan kunci kesuksesan pemasaran saat ini. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah siap memperbarui metode pemasaran berbasis kepercayaan dan hubungan untuk perusahaan Anda?

Ilustrasi (c) Flickr.com NEC Corporation of America