Return to site

Definisi Segmentasi Pasar & Pendekatan Segmentasi Pemasaran

Ketika perusahaan gagal melakukan segmentasi, produktivitas tim menjadi taruhannya!

· Tips Sales,Tips Marketing

Segmentasi pasar adalah teknik yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengelompokkan konsumen sesuai dengan tingkat kebutuhan serta perilaku pembelian umum yang sama ke dalam satu tempat terpusat. Segmentasi ini menjadi salah satu dasar penting bagi perusahaan untuk menemukan atau menargetkan pasar dengan lebih tepat sasaran demi terwujudnya pemasaran yang lebih efisien dan efektif daripada melakukan pemasaran tradisional (tanpa segmentasi pelanggan).

Pendekatan segmentasi pemasaran pada dasarnya merupakan teknik pendekatan yang berpusat pada pelanggan yang memiliki kecocokan dengan produk dan penawaran sesuai kepentingan atau masalah konsumen. Penyesuaian untuk menerapkan metode ini dirancang agar lebih sesuai dengan atribut-atribut dan perilaku khas (persona) masing-masing segmen atau kelompok pelanggan.  Pendekatan segmentasi pasar ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah standar tertentu yang dirancang sedemikian rupa oleh perusahaan untuk memahami pola dan korelasi antara kelompok pelanggan besar dan kecil dengan produk yang akan dipasarkan. Sehingga, metode pemasaran yang dilakukan oleh tim marketing sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh target konsumen maupun pelanggan yang sudah dimiliki (existing customer).

Lumrahnya, segmentasi dimulai dengan melakukan identifikasi metrik yang akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan cara pengelompokan konsumen. Metrik-metrik tersebut dapat berupa proses negosiasi, profil pelanggan, demografi pelanggan serta data-data penunjang lainnya. Sehingga, perusahaan dapat menjadikan data-data tersebut untuk membuat daftar spesifik yang dapat dijadikan sebagai ciri khas atau persona pelanggan. Tujuannya adalah untuk menargetkan audiens pemasaran yang lebih cenderung sesuai dengan Marketing Qualified Leads (MQL) dan kesesuaian lead dengan Sales Qualified Lead (SQL).

Penggunaan sistem aplikasi yang dapat membantu tim marketing dalam merumuskan segmentasi pasar merupakan hal mutlak yang harus dilakukan oleh perusahaan. Tanpa dukungan sistem ini, perusahaan akan selalu membuang waktu penting yang seharusnya dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas tim marketing maupun tim sales. Customer Relationship Management (CRM) memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menyimpan data-data pelanggan, otomasi segmentasi pelanggan, demografi pelanggan secara otomatis tentu akan sangat menghemat banyak waktu tim sales dan tim marketing dalam menemukan segmentasi pasar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kesimpulan

Segmentasi pasar merupakan tindakan, metode dan strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas bisnis secara umum dengan berbasis pada kelompok pelanggan. Dengan segmentasi, efisiensi dan efektivitas pemasaran dan penjualan akan lebih mudah untuk dilakukan. Sedangkan dukungan sistem otomasi seperti CRM akan memberikan peluang lebih besar bagi perusahaan untuk memaksimalkan metode segmentasi yang tidak mengorbankan produktivitas tim.

Ilustrasi (c) Unsplash.com