Return to site

Enkripsi Data Pada Sistem CRM Sales1

· CRM Di Indonesia,CRM,CRM Software

Anda mungkin pernah mendengar istilah "enkripsi" dan tahu itu membantu Anda tetap aman dalam menjalankan aktivitas online. Tapi apakah Anda tahu cara kerja enkripsi dan di mana hal tersebut digunakan diberbagai platfrom seperti website dan aplikasi. Sebelum kita mendalami lebih jauh, mari sejenak kita kembali pada pengertian enkripsi dan mengapa itu penting untuk aktivitas Anda.

Apa itu Enkripsi?

Enkripsi adalah metode keamanan dengan berdasarkan pada sistem keamanan kriptografi. Ini melibatkan pengacakan teks dengan algoritma matematika. Dengan cara ini, hanya orang-orang yang memiliki kunci enkripsi yang dapat membaca apa yang terkandung di dalamnya. Jika seorang peretas untuk mendapatkan untaian teks acak ini, mereka tidak akan dapat masuk ke akun Anda kecuali mereka juga memiliki kunci, yang kemudian dapat mereka gunakan untuk mendekripsi. Bahkan perusahaan yang menyimpan data pengguna tidak dapat melihat konten/data yang di simpan pada website atau aplikasi yang di simpan didalam platform layanannya.

Karena enkripsi adalah metode menjaga informasi tetap aman dan tidak dapat dibaca oleh pengguna yang tidak sah, enkripsi merupakan bagian penting dari penggunaan web /aplikasi dengang aman. Tapi, itu bekerja di belakang layar, artinya banyak orang mungkin tidak menyadarinya karena prosesnya dilakukan oleh sistem.

Mengapa enkripsi itu penting?

Enkripsi dapat mengamankan file atau folder individual, serta sebagian maupun seluruh hard drive. Ada juga alat dari penyedia pihak ketiga yang menawarkan enkripsi untuk pengguna atau menggunakan teknologi berdasarkan enkripsi. Opsi-opsi ini memberikan fleksibilitas dan ketenangan pengguna saat seseorang menggunakan internet, baik untuk bekerja atau bersenang-senang.

Enkripsi sangat penting untuk menjaga privasi dan keamanan data yang diunggah ke ranah internet. Terlebih lagi jika kegunaan data tersebut untuk keperluan bisnis. Ketika Anda memiliki sebuah website, Anda harus bisa mengamankan data pelanggan-pelanggan Anda dalam bentuk enkripsi. Hal ini perlu dilakukan ketika ada oknum yang ingin mencuri data pada website Anda, mereka hanya melihat data berupa teks secara acak yang tidak dapat dibaca dengan mata manusia atau setidaknya membutuhkan sumber daya yang sangat besar bagi peretas untuk berhasil memecahkan isi konten pada file atau data yang dienkripsi.

Pentingnya enkripsi inilah yang membuat kami dari Sales1 untuk menciptakan sistem CRM yang aman untuk pelanggan-pelanggan kami. Dengan sistem berbasis cloud, Sales1 hadir dengan enkripsi pada kata sandi dan juga enkripsi data-data yang diinput oleh pengguna. Kami sadar, data pelanggan yang Anda miliki adalah privasi Anda, kami tidak berhak untuk melihat apa yang Anda simpan pada sistem kami. Enkripsi adalah cara yang tepat untuk menjaga keamanan data Anda. Informasi lebih lanjut mengenai sistem keamanan pada sistem CRM kami, silakan hubungi kami di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com