Return to site

Fokus Menentukan Hasil Akhir Penjualan Anda

Gagal fokus membuat kompetitor menang

· Tips Sales

Semua salesperson memiliki rutinitas yang sama, tidak ada yang berbeda. Ia berangkat bekerja memiliki misi untuk bisa menjual produk sebanyak mungkin dan memiliki impian yang sama untuk mendapatkan pelanggan berkualitas. Tetapi, mengapa setiap salesperson memiliki hasil yang berbeda-beda?

Disaat Anda sedang berusaha menjual produk terasa sangat sulit, kompetitor justru berhasil merebut prospek Anda dan berhasil mencapai penjualan dengan prospek tersebut. Mengapa demikian?

Jawabannya adalah, jika tidak ada masalah dengan kualitas produk dan layanan yang Anda berikan kepada pelanggan-pelanggan yang sudah Anda miliki, itu artinya penyebab lemahnya penjualan yang terjadi bukan karena produk Anda. Mengapa kompetitor mampu menjual lebih banyak bahkan mampu merebut prospek yang Anda miliki?  Satu hal yang membedakan antara Anda dengan salesperson dari kompetitor adalah fokus.

Fokus merupakan titik awal yang akan membawa Anda pada keberhasilan. Jika Anda tidak dapat fokus pada apa yang sudah Anda targetkan, maka usaha Anda pun akan menghadapi masalah serius. Karena, penjualan tidak dapat hadir di semua waktu sesuai keinginan Anda. Tetapi, penjualan datang pada waktu yang tepat dan bergantung pada komitmen Anda untuk mencapai penjualan tersebut.

Jika Anda mengharapkan banyak penjualan, tetapi tidak dapat fokus untuk memberikan pelayanan atau pendekatan dengan baik, bagaimana mungkin Anda bisa menjangkau semua prospek untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka? Fokus pada satu prospek yang mendekati penjualan dapat berpengaruh besar terhadap hasil akhir proses Anda.

Ketika Anda gagal fokus pada satu proses yang sudah dekat dengan closing atau gagal fokus karena terlalu banyak prospek yang Anda miliki tetapi tidak memiliki jadwal yang tepat, maka Anda sudah selangkah untuk mencapai kegagalan dibandingkan kompetitor. Karena, waktu yang Anda miliki sudah tidak sesuai dengan kebutuhan prospek. Di waktu yang sama, kompetitor yang mencoba merebut prospek Anda tersebut datang, sehingga prospek dengan senang hati menerima penawaran kompetitor karena ia datang di waktu yang tepat.

Itulah mengapa fokus menjadi faktor utama yang menjadi penentu keberhasilan penjualan Anda. Jadi, mulailah untuk fokus dalam melayani prospek maupun pelanggan. Jangan pernah memecahkan fokus Anda dengan masalah-masalah lain jika ingin memperbaiki penjualan mulai sekarang!

Add paragraph text here.