Return to site

Fokus Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehilangan Pelanggan

Apakah bisnis Anda akan berakhir?

· Tips Sales

Sebagus apa pun produk dan layanan yang Anda miliki, tidak akan selamanya produk tersebut akan sukses. Produk maupun layanan yang Anda miliki akan tetap mengalami kegagalan demi kegagalan. Entah karena adanya produk lain yang memiliki kualitas lebih bagus maupun karena adanya kesalahan lain yang Anda lakukan.

Perusahaan sering mencari kesempurnaan dan akan selalu berusaha untuk mencapainya dari waktu ke waktu. Namun, tidak ada kata sempurna di dunia ini. Sebagus apa pun produk Anda nantinya, minat pelanggan akan mengalami penurunan jika tidak ada perubahan sama sekali dari produk maupun layanan Anda.

Ketika Anda merasa semakin banyak pelanggan yang pergi, masalah utama dari kepergian pelanggan tersebut bukan hanya tentang mencari produk lain yang lebih murah atau sudah jenuh menggunakan produk Anda. Selain itu, Anda jangan hanya melihat pada kepergian pelanggan, karena itu bukanlah masalah utama yang harus Anda selesaikan saat itu juga. Tetapi, masalah utama yang harus Anda utamakan adalah bagaimana Anda memberi respon terhadap kehilangan tersebut.

Artinya, ketika Anda sudah mendapatkan pelanggan, kemudian pelanggan tersebut pergi, maka Anda harus merespon kepergian tersebut dengan mencari solusi, bertanya di mana letak kesalahan yang Anda lakukan, apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana cara melaukannya. Itulah yang harus menjadi sorotan utama dalam menghadapi pelanggan yang pergi.

Ketika Anda fokus pada kehilangan, Anda pasti akan beranggapan bahwa mencari pelanggan baru adalah solusi. Tetapi, Anda tidak merespon kehilangan pelanggan yang Anda alami dengan membuat perbaikan atas produk dan layanan.

Penting untuk Anda ketahui, pelanggan yang pergi bukan berarti semua yang Anda berikan perlu perbaikan. Tetapi, Anda harus mencari tahu penyebab utama dari kehilangan tesebut. Jika masalah utama yang Anda hadapi adalah kehilangan pelanggan karena kualitas produk yang menurun, maka Anda merespon masalah tersebut dengan perbaikan produk. Jika tentang layanan, maka cari tahu layanan mana yang membuat pelanggan kecewa dan apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan layanan tersebut.

Itulah cara mengatasi kehilangan pelanggan yang paling tepat yang harus Anda lakukan. Pesan terakhir kami, jangan jadikan kehilangan sebagai fokus pertama, tetapi respon Anda terhadap kehilangan tersebutlah yang akan membantu mengembalikan kesuksesan dan nilai dari produk/layanan yang Anda berikan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com