Return to site

Format Untuk Memberikan Pelatihan Tim Sales

Cara memberikan pelatihan pada tim sales

· Leadership

Memberikan pelatihan kepada tim sales tidak dilakukan dengan cara asal memberikan pelatihan saja. Tetapi, sebagai leader Anda harus mengerti dan memahami apa saja yang memang layak untuk dilakukan agar tim Anda dapat meningkatkan kemampuan menjual dan juga kemampuan untuk menghasilkan pelanggan yang loyal. Jika Anda melakukan pelatihan tanpa memikirkan format yang tepat, maka pelatihan Anda ini pun akan terancam hanya akan mengalami kegagalan. Berikut adalah ringkasan format yang paling umum untuk memberikan pelatihan kepada tim sales:

1. Pelatihan menggunakan format kursus

Kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anggota baik secara langsung atau online. Metode ini merupakan cara yang sangat bagus untuk mentransfer pengetahuan penjualan dari satu tim ke rekan setim. Juga, metode format kursus ini memungkinkan tim sales Anda untuk melakukan pelatihan mereka pada jadwal yang lebih teratur serta dapat memudahkan Anda untuk melihat kemajuan mereka dari waktu ke waktu.

2. Pelatihan dengan metode praktik secara langsung

Leader tentunya memiliki kesibukan yang amat sangat banyak setiap harinya. Tetapi, pasti ada waktu di mana Anda akan memiliki waktu yang senggang yang bisa dimanfaatkan untuk mendampingi tim sebagai bentuk pelatihan melalui praktik secara langsung. Dari proses ini pula Anda bisa melihat kinerja tim Anda saat menjalankan tugasnya.

3. Memilih konsultan

Jika Anda memiliki terlalu banyak orang untuk dilatih atau Anda tidak dapat memberikan pelatihan mandiri yang efektif, ada baiknya Anda merekrut satu orang konsultan untuk melatih tim Anda. Konsultan yang berpengalaman dapat menambah banyak nilai berdasarkan banyaknya pengalaman yang ia miliki, informasi pasar yang berharga dan kemampuan untuk menyesuaikan tim sales dengan kondisi pasar yang terjadi saat ini.

4. Seminar

Seminar memungkinkan tim sales untuk belajar dari para pemimpin yang telah terbukti dan mendapatkan informasi tentang apa yang sedang tren di pasar Anda. Melalui seminar pula akan menghadirkan kesempatan untuk melibatkan seluruh tim Anda. sehingga semua orang mendapat manfaat dari menghadiri seminar yang sesuai dengan bidang bisnis dan produk Anda.

5. Pengujian tim internal

Terkadang cara terbaik untuk belajar adalah dengan memperbvaiki dari  ujung yang paling dalam. Melakukan audit terhadap siklus penjualan sebelumnya, baik yang berhasil maupun yang tidak berhasil, adalah cara yang bagus untuk melatih tenaga penjualan dengan menggunakan penilaian yang dilalui oleh tim Anda di lapangan.

6. Feedback dari hasil pelatihan

Kebanyakan pengembangan bakat terjadi di lapangan. Namun, analisis dan umpan balik yang diterima tim sales juga akan menghasilkan proses yang baik untuk tim. Jika Anda menekankan mendengarkan klien dan memahami kebutuhan klien dalam situasi penjualan dan kemudian memberikan umpan balik spesifik (baik dan buruk) kepada tim, maka ini juga akan memengaruhi kemampuan seseorang untuk bisa menjual.

Ilustrasi (c) Unsplash.com