Return to site

Fungsi, Cara Kerja & Manfaat CRM Untuk Bisnis

· CRM di Jakarta,CRM Software

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah manajemen hubungan pelanggan atau customer relationship management (CRM). Namun, dari apa yang Anda ketahui apakah Anda sudah mengerti fungsi dari CRM untuk kepentingan bisnis dan pertumbuhan penjualan berkelanjutan agar bisnis Anda memiliki rekam penjualan yang panjang dengan pelanggan loyal yang siap untuk melakukan pembelian untuk jangka waktu yang panjang? Inilah yang kurang menjadi perhatian oleh banyak perusahaan yang enggan menggunakan sistem CRM untuk bisnisnya. Mereka hanya menilai CRM hanya akan menambah beban pengeluaran, namun mereka yang beranggapan tersebut belum sadar akan fungsi dan manfaat CRM untuk kepentingan penjualan yang maksimal untuk bisnisnya. Disini, kami akan menjelaskan kembali mengenai apa fungsi, cara kerja dan manfaat sistem CRM untuk bisnis

Fungsi CRM Untuk Mendorong Bisnis Perusahaan

Hal pertama yang tentunya harus diketahui oleh perusahaan sebelum menggunakan sistem CRM adalah pemahama akan fungsi dari sistem CRM tersebut. Secara senderhana, fungsi sistem CRM adalah untuk memberikan kemudahan kepada perusahaan untuk menciptakan peluang penjualan dengan menargetkan prospek dan pelanggan yang tepat. Adapun fungsi-fungsi lain dari sistem CRM adalah sebagai berikut:

  1. Pemusatan data pelanggan dan prospek.

  2. Efisiensi tugas dengan otomasi yang terdapat pada sistem CRM.

  3. Meminimalisir kesalahan dalam manajemen data.

Cara Kerja Sistem CRM Untuk Meningkatkan Bisnis Dan Penjualan

Penggunaan sistem CRM yang maksimal tentu disertai dengan pemahaman sales, marketer dan customer support dalam menggunakan sistem. Mengerti akan cara kerja sistem CRM adalah hal yang harus dipahami setelah pemahaman akan fungsi dari sistem CRM itu sendiri. Adapun cara kerja sistem CRM adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan data pelanggan untuk keperluan follow up, re-marketing dan untuk meningkatkan retensi pembelian dari pelanggan lama.

  2. Penyaringan prospek dan pelanggan yang berkualitas dengan informasi data yang berkualitas pada sistem.

  3. Optimasi dalam melakukan strategi penjualan dan pembelian dengan memaksimalkan data pelanggan.

  4. Analisa produk dan pelanggan berdasarkan nilai penjualan yang didapat.

Manfaat Sistem CRM Untuk Bisnis

Fungsi dan cara kerja sistem CRM sudah Anda ketahui, selanjutnya apa yang akan didapat dari penggunaan sistem CRM untuk bisnis Anda? Berikut adalh beberapa manfaat dari sistem CRM yang akan didapat untuk membantu bisnis Anda:

  1. Meningkatkan efisiensi pekerjaan tim sales dan tim marketing

  2. Proses follow up pelanggan dapat dilakukan tepat waktu

  3. Kemudahan dalam mendeteksi duplikasi data pelanggan

  4. Meminimalisir kesalahan tim dalam melakukan follow up berulang

  5. Menyederhanakan proses yang umumnya dilakukan oleh tim sales dan tim marketing

itulah beberapa fungsi, cara kerja dan manfaat sistem CRM yang dapat kami berikan pada artikel kali ini. Apabila Anda ingin menggunakan sistem CRM namun masih membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai manfaat, cara kerja dan fungsi CRM Sales1 untuk mendukung bisnis Anda, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com atau dengan mengunjungi halaman contact us pada website kami. Tim Sales1 akan memberikan respon dari pesan email Ada sesegera mungkin.

Ilustrasi (c) Unsplash.com