Return to site

Hanya Ada 1 Rahasia Untuk Mencapai Target Penjualan

Kunci agar target penjualan tercapai

· Tips Sales,Tips Marketing

Coba Anda perhatikan ada berapa banyak kompetitor Anda yang saat ini terus berjuang untuk merebut pelanggan-pelanggan yang Anda miliki. Apakah Anda sudah menyiapkan strategi untuk menhentikan laju mereka dengan tetap menjaga pelanggan-pelanggan Anda? Perlu Anda ingat, setiap pelanggan memiliki hak untuk pergi mencari perusahaan lain sesuka hati.

 

Keberhasilan bisnis kebanyakan dilihat dari seberapa loyal pelanggan-pelanggan yang dimiliki. Jika perusahaan memiliki 80% pelanggan lama, berarti perusahaan tersebut telah berhasil membangun kerajaan bisnis untuk jangka panjang. Tetapi, tugas perusahaan selanjutnya adalah terus menjaga pelanggan-pelanggan tersebut ditengah upaya marketing kompetitor yang dapat menarik minat pelanggan Anda.

 

Sebagian dari pelanggan memutuskan pergi karena mereka kehilangan kepercayaan untuk perusahaan yang mereka pilih. Sebagian lain karena mereka tidak merasakan layanan yang baik dari perusahaan atau alasan harga. Oleh karena itu, Anda harus memiliki segmentasi data pelanggan-pelanggan Anda, dimana letak pelanggan yang memiliki tingkat loyalitas tertinggi dan mana yang tidak. Sebagai gambaran sederhana, seorang pelanggan yang melakukan pembelian 3x dalam satu tahun akan selalu lebih baik dibandingkan dengan pelanggan yang melakukan pembelian 1x dalam satu tahun.

 

Pemusatan data pelanggan dan mengkategorikan pelanggan seperti itulah yang merupakan tugas berat perusahaan dan harus segera diselesaikan oleh perusahaan untuk bisa menjaga pelanggan potensial. Hadirnya Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) membuka jalan keluar untuk memudahkan masalah segmentasi tersebut. Tidak hanya untuk mengelola pelanggan, CRM dapat membantu perusahaan dalam mengelola prospek, mengelola waktu untuk perospek, informasi pelanggan dan kebutuhan lain seperti lead scoring maupun membuka peluang penjualan baru.

 

Anda dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan jika Anda berhasil menunjukkan kepada pelanggan-pelanggan Anda bahwa perusahaan membutuhkan mereka dan akan terus menjaga hubungan dengan mereka. Data pelanggan menjadi aset yang berharga untuk memahami siapa pelanggan yang perlu diprioritaskan. Pelanggan yang paling berharga adalah pelanggan yang melakukan pembelian secara terus-menerus setiap tahun. Jangan biarkan pelanggan meninggalkan perusahaan karena pelakuan baik dari Anda akan meningkatkan retensi pembelian untuk jangka panjang.

 

Jadi, apa rahasia untuk mencapai target penjualan?

Satu hal yang akan selalu menjadi jawaban untuk pertanyaan ini yakni membangun hubungan dengan kepercayaan dengan pelanggan-pelanggan yang Anda miliki saat ini. Sehingga pelanggan menjadi senang untuk selalu berbisnis dengan Anda tanpa harus berpikir untuk meninggalkan/menggunakan jasa perusahaan lain.

Ilustrasi (c) Pixabay.com