Return to site

Identifikasi Target Pelanggan Melalui Langkah-Langkah Ini!

· Prospecting

Sebagian dari salesperson, sales leader maupun pelaku bisnis sekalipun akan beranggapan bahwa dalam menciptakan iklim bisnis yang baik, maka perusahaan harus bisa menghasilkan penjualan baru dengan menarik lebih banyak pelanggan baru sebelum berlanjut pada strategi bisnis selanjutnya. Namun, perlu disadari pula, bahwa dalam proses ini membutuhkan biaya baik itu berupa materi maupun tenaga. Pemahaman akan target pelanggan adalah sikap yang tepat yang harus dilakukan oleh salesperson untuk mencapai tujuan tersebut dan membuat kesempatan pertumbuhan bisnis semakin terbuka. Dimulai dari beberapa cara untuk mengidentifikasi tujuan Anda dalam proses pencarian pelanggan yang meliputi beberapa hal berikut:

1. Ketahui lingkungan bisnis dan sedikit informasi pribadi target

Lingkungan bisnis dan informasi pribadi dari taget yang harus Anda dapatkan harus Anda ketahui. Tak harus mengetahui semuanya, Anda hanya perlu memastikan apa yang Anda tawarkan ini sesuai dengan apa yang diharapkan oleh target. Informasi pribadi berguna untuk menyamakan posisi Anda dengan target agar lebih mudah dalam berkomunikasi dalam memberikan penawaran.

2. Target yang diharapkan

Selain memahami lingkungan bisnis, Anda juga perlu mengetahui target yang ingin dicapai oleh mereka. Target ini bukan hanya target jangka pendek, tetapi Anda juga perlu memahami target jangka panjang yang ingin mereka dapatkan,

3. Kenali tantangan dan masalah paling sulit yang mereka hadapi

Pemahaman pada poin pertama hanya akan bersifat sementara, sisi paling penting dalam setiap proses penjualan yang berkelanjutan adalah pemahaman akan tanangan dan masalah paling sulit yang harus dihadapi oleh target/prospek Anda. Dengan pemahaman ini kemudahan bagi Anda untuk menentukan penawaran dan produk yang tepat akan memberikan solusi yang paling maksimal untuk membantu memperbaiki kondisi bisnis target/prospek.

4. Pelajari proses pembelian

Dalam proses pembelian tidak hanya terjadi dalam proses yang singkat. Anda akan menemukan berbagai macam proses pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Dari proses ini Anda perlu memiliki data yang akurat untuk memahami segala proses yang diperlukan. Data juga akan membantu Anda dalam proses pengembangan pelanggan di masa yang akan datang.

Ilustrasi (c) Unsplash.com