Return to site

Implementasi Aplikasi CRM Anti Gagal, Pahami 3 Poin Dalam Penjualan Ini!

Jangan sia-siakan aplikasi CRM yang Anda miliki!

· CRM Indonesia

Sangat disayangkan apabila impelementasi aplikasi CRM masih gagal dalam membuat perbedaan hasil penjualan yang didapatkan oleh tim sales. Padahal, dengan bantuan aplikasi CRM, tim sales seharusnya sudah bisa mengambil keputusan yang lebih baik untuk menentukan prospek yang berkualitas atau pun untuk menjalankan strategi penjualan lainnya. Penggunaan aplikasi CRM untuk perjalanan penjualan dalam bisnis B2B maupun B2C seharusnya sudah mencakup beberapa poin penting dalam penjualan yang akan menghasilkan peluang berikut ini.

1. Untuk mendapatkan pelanggan baru

Peluang dalam mendapatkan pelanggan baru merupakan peluang tersulit yang harus didapatkan oleh seorang sales. Ia harus bekerja keras untuk menemukan poin-poin penting yang dapat membuat prospek lebih yakin untuk segera melakukan pembelian melalui berbagai macam informasi yang diberikan oleh sales. Di sinilah peran CRM untuk membantu tim sales dalam membuat keputusan dalam menyaring informasi yang penting guna mendorong terjadinya penjualan. Dari saringan informasi ini akan tercipta penyaringan prospek berdasarkan kualitas yang mana metrik yang perlu diukur adalah tingkat kebutuhan serta kecocokan masalah dengan solusi produk yang Anda miliki.

2. Potensi untuk cross selling (retensi pelanggan lama)

Aplikasi CRM yang memuat data pelanggan dengan baik mulai dari awal pembelian hingga daftar pembelian terakhir akan sangat memudahkan tim sales dalam menawarkan produk lain kepada pelanggan yang memiliki tingkat kebutuhan serupa dan mampu diselesaikan oleh produk lain yang Anda miliki. Anda tidak bisa menawarkan produk kepada pelanggan dengan tujuan cross selling jika tidak memiliki data yang cukup. CRM lah yang akan membantu Anda menyimpan data tersebut yang dapat Anda jadikan alat bantu dalam menemukan informasi kebutuhan lain pelanggan yang dapat Anda jadikan target cross selling.

3. Potensi up selling (retensi pelanggan lama)

Masih pada retensi pelanggan lama, dengan aplikasi CRM yang Anda miliki, seharusnya dapat memberikan informasi yang cukup kepada tim sales bahwa pelanggannya membutuhkan peningkatan jumlah pembelian atau layanan. Dengan data CRM pula, Anda dapat memutuskan berapa jumlah pembelian atau layanan yang pantas untuk dilakukan oleh pelangga tanpa harus memberatkan sisi keuangan yang mereka miliki dengan berdasarkan pada data pelanggan.

Itulah potensi-potensi penjualan yang dapat Anda maksimalkan setelah menggunakan sistem/aplikasi CRM untuk bisnis Anda di Indonesia. Jangan takut untuk menggunakan CRM, karena CRM akan membantu Anda meperbaiki data dan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan terhadap penjualan. Hubungi kami di hi@sales1crm.com untuk menggunakan aplikasi CRM yang tepat untuk bisnis Anda. Sebagai pioneer cloud based CRM Indonesia, kami akan memberikan layanan yang tepat sesuai dengan ukuran dan bisnis yang Anda jalankan. Tunggu apa lagi, hubungi kami sekarang juga!

Ilustrasi (c) Unsplash.com