Return to site

Ini Akan Membantu Sales Mencapai Kesuksesan Penjualan Yang Berkelanjutan

· Tips Bisnis,Tips Sales

Persaingan tentu menjadi tantangan untuk keberadaan bisnis Anda. Anda dan kompetitor dapat menawarkan produk serupa dengan harga yang sama dan sepertinya selalu menargetkan prospek yang sama. Semua ini merupakan hal yang biasa dan lumrah untuk dihadapi. Yang perlu Anda pertanyakan adalah, Apa yang dapat Anda lakukan untuk selalu maju ke depan ketika melakukan meeting berikutnya meskipun harus berhadap dengan kompetitor untuk menghasilkan penjualan dari prospek tersebut? Untuk menjawab hal ini, jawaban yang tepat adalah selalu terhubung dengan prospek dengan hubungan yang baik dan selalu membuat prospek senang serta membuat solusi atas masalah yang mereka hadapi. Dengan menjalankan beberapa hal tersebut, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam penjualan. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut sebagai pendukung untuk menjaga peluang penjualan yang lebih baik daripada kompetitor.

1. Jangan memaksa prospek untuk menggunakan produk

Sulit untuk menahan keinginan untuk mencapai penjualan ketika tenggat waktu target yang harus Anda capai semakin dekat. Memaksa prospek akan membuat mereka tidak nyaman dan defensive. Yang lebih buruk adalah proses yang dilakukan dengan paksaan akan berakhir pada kekecewaan dan mereka juga akan mudah untuk memberikan ulasan negatif tentang produk dan layanan Anda. Penjualan yang sukses hanya terjadi ketika Anda mendengarkan prospek Anda di seluruh proses penjualan. Terkadang, Anda harus membiarkan mereka memberikan suara dalam proses penjualan.

2. Personalisasikan layanan Anda untuk prospek

Personalisasi prospek untuk mencapai penjualan adalah cara utama untuk mendapatkan penjualan yang sukses. Anda dapat mengambil semua kesempatan dengan menyusun strategi untuk upaya personalisasi termasuk dengan menggunakan software CRM agar lebih mudah dalam menemukan solusi. Personalisasi melalui data akan menghasilkan proses yang memiliki akurasi lebih baik dibandingkan Anda melakukannya tanpa data. Namun, ketika Anda ingin mempersonalisasikan proses untuk prospek, maka Anda wajib memastikan data pada CRM yang Anda gunakan merupakan data yang berkualitas.

3. Tawarkan wawasan berdasarkan pengalaman

Semakin banyak Anda membahas produk atau layanan Anda dengan prospek Anda, Anda akan memperhatikan bahwa pertanyaan yang mereka miliki untuk Anda cenderung berputar di sekitar adanya rasa ragu untuk memilih produk Anda. Sebaiknya, Anda melakukan penawaran dengan kejujuran dan tanpa perlu menawarkan sesuatu yang tidak ada pada produk dan layanan Anda. Untuk membuat penjualan yang sukses, Anda perlu berbicara dengan prospek Anda tentang pengalaman pelanggan Anda saat ini yang memiliki kekhawatiran tentang hal yang sama. Study case yang dihasilkan dari pelanggan Anda akan lebih mudah untuk dicari keabsahaannya oleh prospek dibandingkan Anda membicarakan pengalaman pelanggan yang tidak pernah Anda alami sebelumnya. Bagaimana cara menceritakan pengalaman pelanggan berdasarkan wawasan yang Anda miliki? Kembali pada data pada CRM, dengan data tersebut Anda dapat memberikan wawasan yang akurat tanpa harus menebarkan penawaran yang dibumbui unsur ketidakjujuran dari salesperson.

Ilustrasi (c) Unsplash.com