Return to site

Ini Penyebab Pelanggan Anda Memilih Kompetitor

Kenali alasan perginya pelanggan Anda!

· Tips Sales

Tidak peduli apakah Anda adalah perusahaan besar atau kecil, kehilangan pelanggan karena memilih untuk menggunakan produk kompetitor merupakan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. Jika Anda tidak memperhatikan kejadian ini dan menganggap kehilangan pelanggan adalah hal biasa dalam bisnis, berarti Anda adalah orang yang tidak dapat membawa bisnis untuk berkembang. Apabila kehilangan satu pelanggan dianggap biasa, bagaimana jika setiap Anda kesulitan untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda justru kehilangan satu pelanggan yang dimiliki?

Seharusnya, Anda mencari tahu masalah yang menjadi penyebab perginya pelanggan Anda ke kompetitor. Mulailah untuk membangun kembali kerajaan bisnis Anda dengan menghentikan kepergian pelanggan ke kompetitor dan mengubahnya menjadi pelanggan kompetitor ke perusahaan Anda. Tetapi, sebelum Anda mulai melakukan hal tersebut, Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab perginya pelanggan Anda ke kompetitor berikut ini.

1. Reputasi perusahaan yang semakin memburuk

Anda gagal membangun reputasi positif untuk perusahaan dan membiarkan isu negatif yang menyebar tentang produk/layanan Anda. Ketika hal ini terjadi dan tidak ada tindakan dari perusahaan untuk memperbaikinya, maka bersiaplah kehilangan pelanggan satu per satu. Reputasi itu penting, bukan hanya untuk perusahaan Anda saja tetapi juga untuk pelanggan. Jadikan reputasi Anda sebagai kebanggaan bagi pelanggan agar mereka terus menggunakan produk Anda.

2. Berusaha menekan biaya produksi atau layanan tetapi tidak memperhatikan nilai

Anda sadar produk/layanan yang dimiliki membutuhkan biaya yang semakin tinggi. Tetapi, Anda tidak mengantisipasinya untuk meningkatkan nilai agar dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi. Sebaliknya, Anda menjadikan alasan tersebut untuk mengurangi nilai produk dengan memberikan produk/layanan yang kualitasnya menurun. Ketika pelanggan sadar akan adanya penurunan kualitas produk Anda, mereka pun akan mulai mencari perusahaan lain yang dapat melayaninya lebih baik.

3. Respon terhadap pelanggan yang sangat lambat

Pelanggan memiliki bisnis yang harus mereka jaga agar dapat berkembang. Jika mereka menghubungi Anda untuk memberikan komplain atau saat akan melakukan pembelian mendapat respon yang lambat dari perusahaan, pelanggan tidak akan segan untuk meninggalkan Anda.

4. Layanan pelanggan yang jelek

Pelanggan memiliki masalah terkait produk, ia berusaha menghubungi perusahaan melalui email, telepon bahkan media sosial, namun perusahaan tidak memberikan respon apapun. Ketika hal ini dialami oleh pelanggan, tentu mereka akan kecewa. Jika ia menemukan perusahaan lain yang memberikan layanan terhadap pelanggan-pelanggannya dengan lebih baik, tentu mereka akan dengan senang hati memilih perusahaan tersebut.

Itulah alasan-alasan mengapa pelanggan Anda memilih untuk menggunakan produk kompetitor yang dapat kami berikan kepada Anda. Perbaiki sistem perusahaan untuk lebih mengedepankan layanan terhadap pelanggan. Jika Anda mempertahankan 4 hal yang kami sebutkan di atas, jangan salahkan tim Anda apabila nanti perusahaan terus mengalami kerugian.

Ilustrasi (c) Unsplash.com