Return to site

Jangan Biarkan Anda Kehilangan Pelanggan

Mengatasi kehilangan pelanggan dengan menerapkan cara ini

· Tips Sales

Jangan pernah acuh saat kehilangan pelanggan, karena itu akan menjadi boomerang untuk karir dan bisnis Anda. Pelanggan akan selalu menjadi penentu karir salesperson dan juga untuk kelangsungan bisnis. Jadi, jangan pernah membiarkan Anda kehilangan pelanggan sekali pun ia merupakan pelanggan yang sering komplain atau yang memiliki nilai pembelian kecil.

Jika Anda mendapatkan pelanggan yang melakukan pembelian dan mendapatkan pengalaman yang buruk, Anda masih tetap bisa mendapatkan pelanggan yang kecewa tersebut. Tetapi, Anda harus memiliki cara yang benar untuk bisa mendapatkannya lagi. Jika Anda membiarkan pelanggan yang mendapatkan pengalaman buruk dari Anda, sedangkan Anda hanya diam begitu saja, maka nilai buruk produk/layanan Anda dan perusahaan akan menyebar dengan cepat. Kalau sudah seperti itu, siapa yang rugi? Tentu Anda dan perusahaan Anda yang akan mengalami kerugian.

Apakah memperbaiki hubungan hanya untuk pelanggan yang dikecewakan?

Memperbaiki hubungan dengan pelanggan tidak hanya untuk pelanggan yang mendapatkan pengalaman buruk saja. Tetapi, juga untuk pelanggan-pelanggan loyal yang memiliki nilai pembelian tinggi. Karena, sebaik apapun salesperson bekerja untuk menjaga pelanggannya, mereka tetap akan merasakan kehilangan pelanggan. Karena terdapat celah kecil dalam suatu hubungan yang menyebabkan kepergian pelanggan tersebut.

Selain itu, kinerja salesperson yang terlalu percaya diri dengan beranggapan bahwa pelanggan-pelanggan terbaiknya sudah pasti tidak akan meninggalkan perusahaannya untuk menggunakan produk dari kompetitor menjadi satu alasan yang masih sering ditemukan.  Kegagalan dalam menjaga hubungan seperti inilah yang disering dihadapi oleh salesperson yang enggan memperbaiki hubungan dengan pelanggan-pelanggannya.

Mengapa harus mengembalikan pelanggan yang telah dikecewakan?

Perlu Anda ketahui, mengembalikan pelanggan-pelanggan yang telah dikecewakan juga dapat meningkatkan penjualan Anda. Karena, meskipun mendapatkan pengalaman yang buruk pada pembelian sebelumnya, mereka sudah mengetahui bagaimana kualitas produk/layanan yang Anda tawarkan. Sehingga, saat pelanggan tersebut melakukan pembelian ulang dan melihat adanya kemajuan dari sisi pelayanan dan produk, tentu mereka akan merasa senang melebihi pelanggan-pelanggan loyal Anda.

Jadi, jangan pernah membiarkan pelanggan Anda hilang begitu saja. Perbaiki hubungan Anda mulai sekarang, Manfaatkan software CRM berbasis cloud untuk memperbaiki data pelanggan dan untuk memperbaiki hubungan Anda dengan pelanggan. Jika Ada pertanyaan mengenai CRM Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com atau dengan mengunjungi halaman contact-us.

Ilustrasi (c) Unsplash.com