Return to site

Kemampuan AI Membantu Bisnis Di Seluruh Dunia

AI dan manfaatnya untuk bisnis

· News

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah banyak membantu bisnis dalam menemukan dan mengelola suatu hal yang belum bisa dilakukan oleh manusia sebelumnya. Seperti implementasi analisa data dengan AI untuk melihat hasil yang lebih akurat. Pemanfaatan AI untuk Big Data untuk menciptakan solusi-solusi yang berkaitan dengan data dan lain sebagainya.

Kelebihan-kelebihan AI tersebut kemudian menjadi salah satu teknologi yang diminati oleh para pelaku bisnis untuk membantu mereka pada berbagai bidang.

Mengapa harus AI? Berikut adalah jawabannya!

1. AI dapat bekerja melampaui batas waktu dan tenaga manusia

Meskipun teknologi ini hadir sebagai teknologi yang baru mendapat perkembangan, penerapan AI dalam bisnis dinilai dapat melampaui batasan-batasan waktu maupun tenaga manusia. Seiring dengan pertumbuhan teknologi, khususnya AI yang akan mendapatkan banyak pembaruan, bukan hal mustahil menjadikan AI sebagai alat untuk membantu pekerjaan lebih baik, selain dapat lebih cepat juga lebih praktis dan sangat sederhana.

Manusia memiliki kelemahan daya ingat dan waktu untuk beristirahat, dengan penggunaan AI untuk sistem perusahaan, kendala tersebut bukan lagi masalah besar. Pengolaan data dapat dilakukan secara real-time tanpa ada satu data pun yang terlewatkan.

2. AI untuk mengurangi aksi penipuan

Kita tahu saat ini ada banyak penipuan-penipuan yang dilakukan oleh berbagai pihak. Baik itu dari pelaku bisnis maupun dari pelanggan, terutama yang berkaitan dengan masalah keuangan yang sangat mudah dimanipulasi. Dengan algoritma tertentu yang mengusung Deep Learning (DL), AI dapat mengidentifikasi adanya anomali atau perilaku yang tidak biasa dan tersembunyi. Sehingga perusahaan dapat mencegah potensi penipuan tersebut.

3. Analisa sentimen pelanggan

Dengan volume data, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur yang semakin meningkat mengikuti pertumbuhan pelanggan, perusahaan tentu membutuhkan analisa yang lebih baik untuk mendapatkan informasi tentang pelanggan-pelanggan mereka. Data tidak terstruktur yang sering kali lepas dari pengamatan adalah data dari media sosial, blog, SMS dan lain sebagainya yang memiliki potensi besar untuk menarik pelanggan.

Memusatkan data dengan AI akan membantu perusahaan dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diinginkan oleh pelanggan. Tak hanya itu saja, perusahaan juga akan lebih mudah dalam memahami bagaimana cara perusahaan dalam menyesuaikan roadmap produk dan struktur harga sesuai dengan perubahan preferensi yang bertumpu pada kekuatan data.

Dari tiga hal yang kami sebutkan cukup memberikan sedikit gambaran bagaimana AI dapat mengubah bisnis menjadi lebih baik. Bukan hanya untuk perusahaan sendiri, tetapi juga untuk memaksimalkan tingkat kepuasan pelanggan.

Ilustrasi (c) maxpixel.net