Return to site

Kepedulian Anda Terhadap Pelanggan Terbaik

Bagaimana memperlakukan pelanggan terbaik

· Tips Sales

Semua pelanggan itu penting, akan tetapi dari sekian banyak pelanggan yang Anda miliki tentu memiliki pelanggan yang dianggap sangat penting dibandingkan pelanggan lainnya. Itulah yang dimaksud dengan pelanggan terbaik untuk perusahaan yang dianggap mampu membawa keuntungan yang besar untuk perusahaan. Dari alasan inilah, pelanggan terbaik menjadi layak untuk mendapatkan layanan yang lebih baik.

Jika Anda menggunakan CRM, tentu sangat mudah untuk mengelompokkan mana pelanggan terbaik diantara pelanggan-pelanggan terbaik yang dianggap membawa keuntungan sangat tinggi dan tidak. Semua berawal dari riwayat transaksi yang tersimpan di aplikasi untuk kemudian mengalami peningkatan dengan sendirinya dengan menghitung jumlah pembelian secara otomatis berdasarkan kelompok.

Perlu Anda ingat, pelanggan yang melakukan pembelian besar bukan berarti dapat membukukan keuntungan yang besar untuk perusahaan. Karena, banyak pelanggan yang meminta diskon maupun layanan spesial” kepada perusahaan. Sedangkan pelanggan yang melakukan pembelian kecil secara berkala justru dapat menjadi pelanggan yang lebih menguntungkan dibandingkan contoh pelanggan sebelumnya karena perusahaan mampu mengambil keuntungan penuh dari pelanggan ini.

Pelanggan-pelanggan yang pantas mendapatkan perlakuan khusus seperti ini harus diketahui oleh seluruh tim dalam perusahaan Anda. Dengan demikian Anda tidak kehilangan potensi besar dari pelanggan terbaik Anda.

Bagaimana membuat sistem untuk mengetahui pelanggan terbaik yang mudah diakses oleh semua tim dalam perusahaan? Jawabannya adalah dengan CRM, karena sistem CRM tidak hanya mampu membantu tim sales, marketing, leader dan staff lainnya untuk mengenal pelanggan terbaik yang dimiliki perusahaan. Tetapi, CRM dapat membantu tim untuk mengetahui layanan seperti apa yang pantas diberikan oleh perusahaan untuk pelanggan tersebut.

Selain itu, berusaha membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan terbaik memungkinkan pelanggan merasa lebih istimewa dan meningkatkan customer lifetime value untuk perusahaan. Dengan demikian, hal kecil apa pun yang dilakukan oleh perusahaan untuk kepuasan pelanggan tersebut akan disambut dengan peningkatan kepercayaan dan loyalitas.

Jangan pernah terpaku pada penjualan besar dari seorang pelanggan untuk menobatkan mereka sebagai pelanggan terbaik, tetapi pilihlah pelanggan-pelanggan dengan pembelian yang tidak terlalu besar tetapi memiliki konsistensi yang kuat terhadap produk Anda.

Apapun penghargaan yang nantinya akan Anda berikan untuk pelanggan terbaik Anda, perhatikan bagaimana penghargaan Anda tersebut mampu meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan dengan baik.

Ilustrasi (c) Pixabay.com