Return to site

Kolaborasi Marketing Automation & Customer Relationship Management (CRM)

· CRM Indonesia,CRM di Jakarta

Marketing automation dan Customer Relationship Management (CRM) dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi bisnis dan tim Anda. Jika Anda saat ini memiliki bisnis, Anda memiliki kesempatan untuk menyederhanakan berbagai macam proses dalam penjualan dengan cara yang lebih efisien agar pekerjaan Anda dapat selesai dengan cepat. Ada beberapa hal dalam bisnis yang dapat Anda sederhanakan seperti untuk keuangan, Anda dapat menggunakan sistem berbasis web, email marketing menggunakan marketing automation, layanan pelanggan yang terintegrasi dengan CRM dan lain sebagainya. Hal-hal yang Anda lakukan tersebut dapat memberikan kemudahan yang sangat membantu meringankan beban pekerjaan tim Anda. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan marketing automation dan sistem CRM dengan tepat.

1. Merampingkan pekerjaan Anda dengan manajemen tugas yang lebih tertata dengan rapi

Tentunya Anda perlu menata atau mengelola tugas harian dari semua tim yang Anda miliki mulai dari meresespon email, menjawab chat, mengangkat telepon dan lain sebagainya. Dengan menggunakan marketing automation dan CRM, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dengan mengatur atau manajemen tugas yang dapat Anda berikan kepada anggota tim yang tepat setiap harinya.

2. Bekerja lebih efisien dengan melacak aktivitas tim

Tim sales yang bekerja di lapangan, tim teknisi lapangan yang tidak berada di kantor, semua dapat Anda lacak dalam satu dasbor. Ini akan membantu Anda memantau setiap pekerjaan tim Anda. Software CRM dilengkapi dengan alat untuk melacak aktivitas tim Anda baik yang dilapangan maupun yang berada di kantor. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir dengan adanya tim yang tidak melaksanakan tugas dan kewajibannya.

3. Menghemat waktu

Berapa waktu yang dibutuhkan oleh anggota tim Anda untuk menyelesaikan satu proses untuk satu prospek atau pelanggan? Dengan kemampuan melacak aktivitas, Anda dapat merampingkan hal-hal yang tidak diperlukan untuk menghemat waktu tim sales dalam bekerja. Bahkan, dengan menggunakan sistem CRM dengan tepat, Anda dapat mengatur hal-hal yang dapat dikerjakan oleh satu orang.

4. Meningkatkan penjualan

Ketika Anda sudah berhasil mengkolaborasikan marketing automation dan Customer Relationship Management (CRM) dengan benar, maka Anda akan mulai menghasilkan peningkatan penjualan. Mengapa bisa demikian? Sistem CRM memberikan data-data yang dibutuhkan oleh tim sales dan tim marketing untuk membuat strategi sales dan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan. Sehingga, prospek-prospek yang dihasilkan merupakan prospek yang memiliki kualitas atau merupakan prospek yang memiliki profil sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com