Return to site

Kolaborasi Untuk Digital Marketing Yang Sukses

Menentukan ahli marketing yang tepat untuk promosi di internet

· Marketing,Business Blog
Tips Digital Marketing Yang Sukses

Digital Marketing mungkin tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Tak sedikit juga perusahaan yang memanfaatkan Agen Marketing untuk mencapai target kampanye digital mereka. Hanya saja sering kali kolaborasi yang mereka lakukan tidak berjalan dengan baik. Hal ini terjadi karena mungkin ada ketidakcocokan antara Anda dengan Agen Marketing yang dipilih.

Selain itu, meskipun telah menggencarkan digital marketing, tingkat efektivitas kampanye tidak sesuai dengan harapan. Meskipun kampanye dapat menjangkau banyak orang, tingkat penjualan tetap begitu saja. Yang artinya, meskipun Anda menggunakan jasa Agen Marketing untuk kampanye digital, usaha tersebut masih belum membuahkan hasil atau masih ada kesalahan.

Kampanye digital tidak berbeda jauh dengan kampanye tradisional yang Anda lakukan selama ini. Proses ini membutuhkan kolaborasi antara ahli marketing dan ahli pengambilan keputusan yang relevan. Syarat ini berlaku untuk semua kampanye baik social media, konten, email dan lain sebagainya. Pembekalan dan strategi untuk menyelaraskan tujuan merupakan salah satu yang harus diperhatikan. Sehingga kemungkinan hasil yang menyenangkan di akhir kampanye dapat terwujud.

Menetapkan Tujuan Marketing Yang Realistis Dan Terukur

Apakah ahli marketing Anda adalah seorang ahli dari perusahaan, marketing freelance yang Anda sewa harus tahu tujuan Anda dan harus memiliki pikiran terbuka terutama yang berkaitan dengan digital marketing yang terus mengalami perubahan. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum menetapkan tujuan tersebut, yang diantaranya adalah:

1. Saling bertukar pikiran untuk menetapkan tujuan
Anda dapat mulai berkolaborasi dengan ahli marketing dan tim marketing dari perusahaan Anda untuk menetapkan tujuan tersebut jauh-jauh hari. Bertukar pikiran sebelum waktu tersebut tiba untuk memastikan kampanye digital marketing Anda benar-benar siap sebelum tanggal. Contohnya adalah, ketika Anda berencana untuk melakukan promosi pada musim-musim tertentu seperti Hari Raya, Anda tidak harus menunggu waktu tersebut untuk memulai perencanaan.

2. Memilih agen yang sesuai dengan kebutuhan
Seperti yang kita ketahui, tiap orang baik itu Marketer dari Agen Marketing atau freelance memiliki skill dan cara yang berbeda-beda. Dari kondisi ini Anda dapat membayangkan bagaimana nantinya jika komunikasi dilakukan terlalu dekat dengan tujuan pelaksanaan kampanye Anda. Bisa jadi, saat waktu itu datang, Agen Marketing atau ahli marketing yang Anda sewa belum memiliki perencanaan matang, sehingga Anda pun mengalami kegagalan. Oleh karena itu, pilihlah agen yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk memaksimalkan kampanye.

3. Mengkolaborasikan semua agen dengan tim
Yang perlu Anda ingat, seorang marketer tidak semua bisa memaksimalkan upaya kampanye digital. Sebagai contoh, ahli marketing di Facebook, belum tentu ahli untuk marketing di Google yang memiliki cara berbeda, begitu juga sebaliknya. Itulah mengapa kolaborasi antara tim marketing yang Anda miliki dengan ahli digital marketing sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam memasarkan produk melalui internet marketing atau digital marketing.

4. Mengukur tingkat keberhasilan media yang akan digunakan
Dengan banyaknya media yang dapat digunakan untuk keperluan digital marketing ada baiknya Anda bersama ahli marketing yang Anda pilih melakukan riset terlebih dahulu untuk mengukur tingkat keberhasilan. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, karena tiap perusahaan memiliki tingkat keberhasilan kampanye yang berbeda-beda.

5. Memiliki platform untuk menjangkau calon pelanggan saat kampanye berjalan
Tiap media social memiliki analytics sendiri untuk melihat jangkauan iklan yang telah Anda pasang. Selain itu, mungkin akan ada calon pelanggan yang berminat untuk produk Anda nantinya. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan platform sendiri untuk kemudahan bagi Anda mencatat calon pelanggan dan kemudahan untuk mem-follow up calon pelanggan potensial.

Pesan dari kami, pastikan bahwa Anda telah memilih kampanye yang paling bijaksana untuk perusahaan untuk mendatangkan laba bagi perusahaan Anda. Jangan lupa untuk terus melakukan diskusi lanjutan selama kampanye berlangsung untuk mengukur hasil yang akan Anda dapatkan.