Return to site

Langkah Untuk Meningkatkan Performa Bisnis Anda

Performa bisnis sedang menurun? Coba terapkan beberapa tips ini!

· Tips Bisnis

Apa yang Anda lakukan untuk mengetahui laju bisnis dan tingkat penjualan yang didapatkan? Langkah seperti apa yang harus Anda ambil untuk bisa membawa bisnis terus tumbuh dan berkembang di saat bisnis Anda mengalami masalah penjualan?

Menemukan jawaban atas dua pertanyaan yang kami ajukan ini merupakan kewajiban bagi para pelaku bisnis maupun salesperson. Jika perusahaan tidak dapat mengukur tingkat pertumbuhan bisnisnya, tentu sulit pula untuk sales menentukan target yang harus ia capai. Sedangkan untuk pertanyaan kedua, ketika perusahaan Anda mengalami kesulitan penjualan atau menghadapi penurunan di tengah semester, tentu perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan performa tim sales agar bisa meningkatkan penjualan atau setidaknya sama dengan apa yang dicapai sebelumnya.

Untuk membantu Anda menemukan jawaban dari pertanyaan yang kami sebutkan di awal artikel ini, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk meningkatkan performa bisnis yang Anda miliki.

1. Arahkan tim sales dan tim marketing untuk menemukan pelanggan yang tepat

Memiliki pelanggan yang hanya melakukan pembelian satu atau dua kali, memang dapat menambah pendapatan perusahaan. Namun, untuk mencapai hasil yang positif setiap bulan, kuartal, semester dan tahunan, maka perusahaan harus menemukan pelanggan yang tepat. Pelanggan yang tepat adalah pelanggan yang dapat melakukan pembelian secara rutin dan berlangsung untuk waktu yang panjang. Untuk menemukan pelanggan yang tepat ini, perusahaan dapat mengimplementasikan teknologi penjualan seperti CRM dan Marketing Automation. Dengan teknologi-teknologi ini, tim Anda dapat menemukan lead dan prospek yang tepat dan berpotensi untuk menjadi pelanggan yang loyal.

2. Memaksimalkan Up-Selling dan Cross-Selling

Adopsi aplikasi CRM yang membantu tim Anda untuk menemukan pelanggan yang tepat juga dapat memberikan efek lebih untuk perusahaan Anda. Seperti, kemudahan tim sales dalam melihat data pelanggan untuk menjalankan strategi Up-Selling dan Cross-Selling.

3. Meningkatkan wawasan tentang laju bisnis dan pelanggan melalui data

Aplikasi CRM memungkinkan Anda untuk menyimpan semua data pelanggan dan prospek pada satu tempat yang dapat memungkinkan perusahaan untuk menemukan data-data yang bisa saja belum pernah diperhatikan sebelumnya. Hal ini pun dapat membantu tim sales untuk melihat sudut pandang yang berbeda terhadap pelanggan guna memaksimalkan strategi yang akan diambil untuk menunjang penjualan. Dengan bermodalkan data inilah tim sales dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam mengembangkan strategi penjualan dibandingkan dengan menggunakan naluri/tanpa data.

4. Meningkatkan produktivitas tim

Memperbaiki kinerja tim memberikan efek yang sangat signifikan untuk meningkatkan bisnis dan penjualan. Untuk bisa mewujudkan hal ini, perusahaan harus bisa mengurangi pekerjaan-pekerjaan yang dapat menghabiskan waktu tim sales seperti meeting yang berlebihan, memberikan tugas ganda kepada tim yang sulit untuk dikerjakan seorang diri dan lain sebagainya. Dengan mengurangi waktu yang dihabsikan secara sia-sia, tim Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk mencapai penjualan.

Dengan menjalankan 4 hal yang telah kami sebutkan di atas, Anda memiliki kesempatan untuk menciptakan hasil penjualan yang lebih baik agar bisnis yang Anda jalankan juga dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com