Return to site

Lead/Prospek & Peluang Itu Berbeda!

Memahami perbedaan peluang dengan prospek

· Tips Marketing,Tips Sales

Banyak salesperson yang salah dalam menilai bahwa lead/prospek adalah merupakan peluang untuk bisnis mereka. Padahal, lead dan peluang adalah dua hal yang sangat berbeda dan sama sekali tidak dapat disamakan. Pelanggan yang melakukan pembelian kepada Anda pun bukanlah peluang.

Mereka yang telah menghabiskan banyak uang pun hanyalah lead/prospek/pelanggan. Jika pelanggan mendapatkan keuntungan dari hasil pembelian produk/layanan atau solusi yang Anda jual, maka ia hanyalah lead/prospek yang berkualitas (memenuhi syarat perusahaan). Bahkan ketika Anda telah bebicara panjang lebar dengan lead/prospek dari berbagai perusahaan untuk sebatas mengetahui kebutuhan dan hal-hal lain yang dapat membantu mereka pun juga termasuk lead tapi bukanlah sebuah peluang.

Begitu juga ketika Anda dengan partner bisnis tidak memiliki komitmen untuk bekerja sama dalam mengeksplorasi pasar, itu juga bukan termasuk sebuah peluang. Tetapi itu hanyalah bagian dari proses Anda untuk menjalin kerja sama.

Dari semua macam-macam lead/prospek yang telah kami sebutkan di atas, apakah akan menjamin akan melakukan pembelian? Tentu tidak, dalam artikel kami beberapa bulan yang lalu, kami menyebutkan bahwa lead/prospek tak ubahnya seperti kupon undian. Anda yang memiliki kupon undian tidak menjamin akan mendapatkan hadiah. Begitu juga dengan prospek, meski Anda memiliki 100 prospek/lead tidak semua dari mereka akan mengikuti proses penjualan Anda.

Padahal, seorang prospek dapat dikatakan mendekati peluang adalah prospek yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Salah satunya adalah mengikuti proses bersama dengan Anda.

Lalu apa yang dimaksud dengan peluang?

Peluang adalah ketika lead/prospek memiliki komitmen dengan Anda. Jika prospek menyatakan komitmennya untuk Anda, berarti itu adalah peluang baru bagi Anda. Sama seperti saat Anda bekerja sama dengan partner bisnis Anda. Jika Anda dan partner bisnis memiliki komitmen yang sama maka peluang kerja sama pun akan terjalin.

 

Kesimpulannya adalah tidak akan ada peluang yang akan diberikan oleh lead/prospek atau bahkan pelanggan sekalipun sebelum mereka memberikan komitmen untuk melakukan pembelian.

Bagaimana dengan Anda? Apakah menurut Anda lead adalah merupakan peluang untuk penjualan Anda? Silakan tinggalkan komentar Anda disini!

Ilustrasi (c) Pixabay