Return to site

Leader, Apakah Anda Peduli Pada Tim Sales Yang Anda Miliki?

Sikap peduli leader dan dampaknya untuk tim

· Leadership

Kepedulian seorang leader akan memberikan efek positif terhadap kinerja tim yang diasuh. Karena, peran leader yang memberikan rasa peduli terhadap tim dapat membawa tim untuk terus belajar. Tak hanya bekerja untuk belajar, ia akan terus berusaha mencapai target yang diberikan oleh leader.

Semangat kerja dari tim sales didapatkan dari kepedulian leader yang memimpinnya untuk bekeja dengan baik meskipun ia sering mendapatkan kegagalan. Jika leader hanya menjadikan kegagalan sebagai kesalahan yang tidak dapat dimaafkan, leader tersebut tidak akan pernah bisa membawa tim yang baik untuk perusahaan. Selain itu, tidak akan ada budaya positif yang bisa didapatkan oleh leader jika ia hanya terus menjadikan tim sebagai titik kesalahan atau kegagalan dalam mencapai hasil penjualan yang optimal.

Tim sales dapat bekerja dengan baik jika selalu ada kesempatan belajar yang diberikan oleh leader. Memang, kesempatan belajar ini boleh dibatasi. Hanya saja, Anda tidak bisa memberikan batasan belajar untuk tim dalam beberapa kali saja. Karena, tantangan dalam sales itu selalu berbeda dan akan terus mengalami perubahan mengikuti kondisi pasar.

Apabila Anda memberikan satu, dua atau tiga kali kesempatan belajar, itu tidak termasuk dengan kesempatan. Karena, tidak mungkin perubahan pasar akan berubah hanya sebanyak tiga kali. Selama ia tidak mengulang kesalahan yang sama hingga berkali-kali, itu artinya tim Anda adalah merupakan tim yang mau belajar. Tetapi, jika mereka selalu mengulangi kesalahan yang sama, saat itu juga Anda dapat mengambil keputusan untuk mengakhiri kerjasama dengan tim/anggota yang Anda miliki saat itu juga.

Jika mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama, berikan kesempatan-kesempatan belajar lain untuk tim. Temukan titik masalah dengan duduk bersama dengan tim, fokus untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan kesempatan-kesempatan lain yang membuktikan bahwa Anda peduli pada tim.

Jika berdasarkan pada hasil riset yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya tentang tantangan sales berdasarkan riset 2017, kesulitan-kesulitan tersebut membutuhkan proses yang sangat panjang bagi tim sales untuk bisa menguasainya. Disitulah peran penting leader untuk terus membimbing dan menunjukkan kepedulian terhadap tim sales agar bisa bersama-sama mencapai kesuksesan.

Jadi, apakah Anda sudah memberikan sikap kepedulian Anda terhadap tim sales yang Anda asuh saat ini?

Ilustrasi (c) Unsplash.com