Return to site

Leader, Ini Cara Untuk Mulai Membina Sales Representatif

Tim itu perlu dibina bukan dibully

· Leadership

Dalam kehidupan, kita dituntut untuk selalu belajar agar siap menghadapi semua tantangan. Tetapi, untuk belajar, tentu kita membutuhkan sosok yang dapat membina kita agar dapat tumbuh dengan baik. Begitu juga dengan sales representatif (sales reps) yang berada di bawah kepemimpinan Anda.

Mereka adalah ujung tombak perusahaan dan pemain penting yang akan membawa penjualan. Karena alasan tersebut, Anda wajib membina sales reps untuk menjadi sales profesional dan terus tumbuh. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mulai membina mereka.

1. Mulai dari masalah utama yang dialami oleh sales reps

Kenali, pahami dan cari solusi, itulah yang perlu Anda ajarkan kepada sales representatif yang Anda miliki. Karena tiga hal tersebut merupakan titik krusial bagi sales reps dalam menghadapi pelanggan. Anda juga perlu bertanya kepada mereka, apa saja yang menjadi masalah serius bagi mereka ketika berhadapan dengan pelanggan, kondisi pasar dan persaingan.

2. Jangan terlalu terburu-buru dan menghabiskan waktu

Tidak sesmua sales reps setuju dengan adanya pembinaan, sebagian dari mereka pasti akan melakukan penolakan. Tetapi, jangan pernah memberikan sanksi kepada mereka yang menolak. Awali dengan hal-hal sederhana dan pilihlah dari orang-orang yang setuju. Kemudian, bujuk anggota tim yang menolak tersebut agar mengikuti pelatihan. Pelatihan/pembinaan yang Anda lakukan pun jangan terlalu lama agar tidak menghabiskan waktu sales reps. Jika Anda ingin memberikan materi, cukup 30-45 menit, selanjutnya lakukan pelatihan/pembinaan dengan cara praktik.

3. Menyesuaikan pembinaan dengan kebutuhan

Masing-masing sales reps memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, lakukan pembinaan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Jika diperlukan, Anda membuat kategori pembinaan secara kelompok dan pembinaan secara individual.

4. Memberi feedback pada sales reps

Hasil negatif maupun hasil positif, Anda harus memberikan feedback terhadap kinerja dan perkembangan sales reps setelah mendapatkan pembinaan. Berikan feedback ini setiap 3, 6, 9 dan 12 bulan kemudian lakukan penyaringan kembali untuk mengkategorikan ulang pembinaan secara berkelompok.

5. Mengundang pembina dari luar perusahaan

Setiap mendapatkan pembinaan hanya mendengarkan materi-materi dari Anda, mungkin tim akan mengalami rasa jenuh. Sesekali, undang seorang pembina dari luar perusahaan. Tak harus yang terkenal, cukup cari sosok yang memiliki reputasi positif dan benar-benar mampu membina tim Anda.

Itulah cara untuk mulai membina sales representatif yang Anda miliki. Maksimalkan potensi tim Anda dengan mengimplementasi Customer Relationship Management (CRM). Cari tahu lebih lanjut bagaimana peran CRM untuk membantu Anda membina tim sales reps dalam bekerja dengan menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com