Return to site

Lingkup Area Pada Aplikasi Berkonsep Smart City

Aplikasi-aplikasi yang dapat disentuh oleh aplikasi smart city

· Smart City Indonesia

Layanan smart city merupakan layanan yang dihadirkan untuk fokus pada infrastruktur berbasis internet di masa depan. Sedangkan aplikasi smart city menjadi penggerak untuk menciptakan syncronized antara kebutuhan masyarakat dengan layanan pemerintah maupun swasta. Layanan dan aplikasi smart city diciptakan terpisah berdasarkan masing-masing area infrastruktur untuk memudahkan publik mencari dan menemukan apa yang mereka butuhkan. Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan informasi mengenai layanan dan aplikasi smart city yang disesuaikan dengan masing-masing area yang dapat dijangkau.

1. Aplikasi umum dan layanan bisnis

Aplikasi berbasis smart city ini mencakup lingkup yang sangat luas. Dimana aplikasi ini dapat diaplikasikan untuk kebutuhan pemerintahan, pemukiman, golongan, komunitas, enterprise, pendidikan dan akademi.

2. Intelijensi dalam mengelola bangungan (smart building)

Aplikasi smart city ini diciptakan untuk kemudahan para pemilik bangunan untuk mengelola, berkomunikasi dan mengontrol bangunan dengan sistem real-time. Aplikasi ini mencakup masyarakat umum, otoritas lokal/pemerintahan, penyedia layanan, organisasi dan enterprise, kreditor dan pemilik bangunan.

3. Pendidikan dan kesehatan (smart education dan smart health care)

Aplikasi smart city ini diciptakan untuk peningkatan performa layanan dan proses dengan cara yang lebih mudah untuk diakses. Aplikasi ini mencakup lingkup institusi pendidikan, penyedia layanan kesehatan seperti rumah sakit, masyarakat secara umum, pemerintahan, organisasi sosial atau bantuan kemanusiaan di bidang kesehatan.

4. Produksi energi dan efisiensi energi (smart energy)

Sistem pengelolaan energi untuk menciptakan maupun menggunakan energi dengan cara yang lebih efisien. Aplikasi ini mencakup supplier energi, regulator, komunitas bisnis, enterprise dan masyarakat umum.

5. Sumber daya alam (gas, air)

Smart water merupakan bagian dari konsep smart city yang diciptakan untuk mengontrol penggunaan air. Pada konsep ini pula juga akan mulai dilebarkan pada sistem untuk penyediaan gas. Aplikasi ini dapat mencakup pemerintah, penyedia layanan seperti PDAM, masyarakat umum.

6. Keamanan publik

Aplikasi smart city ini diciptakan untuk membantu masyarakat tetap terhubung dengan semua layanan keamanan. Seperti dengan penggunaan cctv, lampu lalu lintas, penjaga jalan dan lain sebagainya. Lingkup dari aplikasi ini adalah pemerintah, pihak keamanan, masyarakat umum, perusahaan, bisnis dan enterprise.

7. Location service

Area smart city yang satu ini adalah aplikasi/sistem yang diciptakan untuk kemudahan dalam memetakan bisnis maupun dalam pencarian. Lingkup aplikasi ini diantaranya adalah kelompok tertentu/komunitas, bisnis dan enterprise serta masyarakat umum.

Ilustrasi (c) Unsplash.com