Return to site

Mana Yang Harus Diutamakan, Bisnis Atau Hubungan Dengan Pelanggan

Mengambil keputusan antara menjaga pelanggan dengan bisnis

· Tips Bisnis,Tips,Business Blog
Bisnis Atau Hubungan Dengan Pelanggan

Dalam kehidupan kita saat ini, setiap yang kita lakukan adalah merupakan hasil dari apa yang kita kerjakan. Begitu juga dengan bisnis, apa yang kita dapatkan adalah dari bagaimana kita berusaha untuk menawarkan produk kepada saudara, teman atau bahkan orang lain.

Mungkin jika kita berhadapan dengan keluarga apa yang kita tawarkan akan lebih mudah untuk diterima, hanya saja dalam praktiknya, banyak saudara atau teman yang justru merusak harga jual dari apa yang kita miliki. Sedangkan untuk mencari keuntungan lebih, sering kali kita tidak memiliki banyak relasi.

Silakan Anda perhatikan sisi lain dari contoh yang telah kami berikan diatas. Apakah Anda menemukannya? Jika tidak, kami akan memberikan jawabannya kepada Anda.

Dari kasus diatas kita dapat menarik satu bagian penting dalam bisnis yaitu hubungan. Ketika Anda menawarkan produk kepada teman Anda, bukankah itu sudah menandakan ada hubungan antara Anda dengan teman Anda tersebut? Itulah mengapa, bisnis itu cenderung lebih sukses apabila memiliki koneksi jaringan yang lebih luas.

Dalam menjalankan bisnis, Anda jangan hanya fokus pada bisnis yang Anda tekuni, tetapi juga harus memperhatikan hubungan Anda dengan para pelanggan. Mengapa, karena bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik jika pelanggan tidak peduli dengan Anda. Apapun bisnis Anda, Anda harus memperhatikan pelanggan-pelanggan Anda karena mereka adalah yang menciptakan uang untuk kelangsungan hidup perusahaan Anda.

Mana yang harus diutamakan Bisnis atau Hubungan?

Sering kali pertanyaan ini muncul dan menjadi topik hangat dalam forum bisnis. Bagi kami, bisnis itu memang penting, tapi kami akan lebih memilih untuk mengutamakan hubungan. Hubungan ini tidak hanya kepada pelanggan saja, kami akan menjaga hubungan dengan relasi-relasi bisnis kami lainnya.

Bagi kami, hubungan adalah benih untuk bisnis yang kami jalankan saat ini, ketika kami terus merawat hubungan ini, benih bisnis kami akan terus tumbuh dengan baik. Hingga akhirnya benih tersebut dapat memberikan buah yang dapat kami petik. Semakin baik hubungan, semakin baik pula hasil yang akan kami dapatkan.

Kami tidak hanya berbicara soal argumen saja, namun ini memang sesuai dengan kenyataan dalam dunia bisnis saat ini. Semakin ketat persaingan, semakin besar tantangan yang harus dihadapi. Jika Anda tidak bisa menjaga pelanggan yang sudah ada, bagaimana nasib bisnis Anda kedepannya? Anda dapat bergantung pada para pelanggan lama Anda namun Anda tidak dapat bergantung pada pelanggan baru yang bisa saja hanya melakukan pembelian satu kali dan tidak pernah kembali lagi.

Dari semua yang telah kami utarakan, kesimpulan yang dapat kami berikan ialah hubungan adalah yang harus diutamakan dalam menjalankan bisnis. Anda jangan terlena dengan penjualan diawal dari pelanggan baru Anda, karena pelanggan lama dapat memberikan nilai lebih untuk bisnis Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com