Return to site

Manfaat Analytics Tools Untuk Tim Marketer

Menggunakan analytics tools untuk mempercepat pengambilan keputusan

· Tips Marketing

Data merupakan fakta yang harus diketahui oleh marketer maupun salesperson. Analisis merupakan tindakan yang harus dikuasai oleh marketer dan salesperson untuk bisa membaca dan melaporkan hasil dari data yang disimpan tersebut. Jika dulu analisa dilakukan dengan cara yang sangat kompleks, dengan kehadiran teknologi yang lebih canggih, analisa data sudah dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana menggunakan alat/platform analisis (analytics tools).

Kehadiran teknologi ini membuat marketer bekerja jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan metode kinerja mereka beberapa tahun yang lalu sebelum teknologi ini diimplementasikan dalam dunia binis. Bahkan, alat ini pun juga sudah mulai dioperasikan dengan menggunakan server cloud yang memudahkan tim marketer memperbarui data atau melihat data kapan pun dengan cara yang lebih sederhana. Salah satu analytics tools yang sudah menggunakan teknologi cloud adalah aplikasi CRM. Namun, analytics pada CRM bukanlah fitur utama, karena setiap penyedia memiliki fitur yang berbeda-beda untuk mereka tawarkan kepada para penggunanya.

Terlepas dari masalah ada atau tidaknya analisis pada CRM, berikut adalah beberapa fungsi utama analytics tools untuk tim marketer.

1. Memudahkan tim marketer untuk meng-handle beberapa proyek lebih cepat

Ketika tim sales dapat menganalisa data dengan cepat, tentu tim marketer dapat mengatur lebih banyak proyek pemasaran dengan lebih cepat. Keputusan untuk memilih strategi yang tepat pun akan lebih mudah untuk didapatkan oleh tim marketer.

2. Data dan analisa menjadi kunci keberhasilan tim marketing

Tidak ada pemasaran yang dapat dilakukan tanpa analisa yang baik. Semua pemasaran membutuhkan rekam data. Dari rekam data ini kemudian dianalisa oleh tim marketer untuk dijadikan bahan ketika memutuskan untuk memilih media atau strategi dan juga target audiens untuk menarik pelanggan yang lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Mengenali strategi lebih mendalam berdasarkan riwayat data

Ada ribuan data yang tidak dapat dipantau secara manual oleh tim marketer. Namun, dengan alat analisis, tim marketer dapat menggali informasi lebih dalam untuk mengetahui riwayat strategi dan metode-metode pemasaran yang sukses dan gagal sebelumnya. Sehingga, ada kesiapan yang lebih matang dari tim marketing untuk menghasilkan materi/konten marketing, pesan pemasaran dan produksi lead yang lebih berkualitas.

Bagimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki pemikiran yang berbeda? Anda dapat berbagi pemikiran Anda pada kolom komentar di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com