Return to site

Manfaat Aplikasi CRM Mobile Untuk Bisnis Anda Di Indonesia

Mengapa harus mulai menggunakan CRM mobile?

· CRM Di Indonesia,CRM

Menggunakan software CRM on-premise sudah sangat membantu penjualan dengan sangat luar biasa. Tetapi, perkembangan teknologi, gaya manusia dalam menggunakan teknologi saat ini sudah berubah. Dulu sales representatif kemana-mana membawa laptop. Tetapi sekarang, kebiasaan membawa laptop berubah dengan membawa smartphone atau tablet.

 

Jika CRM on-premise hanya bisa dibuka sales saat sampai di kantor, maka sales reps yang sering berada diluar kantor akan ketinggalan informasi-informasi terbaru terkait pelanggan/prospek yang mereka miliki. Dengan persaingan yang sangat ketat, semua sales dari berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat dalam mengambil pelanggan.

 

Namun, kinerja tim sales harus diimbangi dengan informasi yang cepat pula. Oleh karena itu, melengkapi tim sales dengan CRM yang mengikuti perkembangan teknologi seperti aplikasi CRM mobile akan menawarkan fleksibilitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan penggunaan CRM on-premise. Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan dengan implementasi aplikasi CRM mobile

 

1. Penjualan lebih tinggi

Sales reps yang menggunakan aplikasi CRM Mobile memiliki peluang lebih tinggi untuk mencapai penjualan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan CRM on-premise. Karena, sales reps yang menggunakan CRM Mobile memiliki banyak informasi dalam genggaman. Mereka juga lebih percaya diri ketika menghadapi prospek. Karena semua informasi yang dibutuhkan sudah tersedia pada perangkatnya.

 

2. Akses aplikasi sesuai peran/jabatan

Aplikasi CRM Mobile memiliki akses yang dapat disesuaikan dengan jabatan penggunanya. Sebagai contoh, seorang sales reps tidak bisa menambah/menghapus pengguna baru. Akses untuk peran ini dapat dilimpahkan kepada sales leader atau pemangku jabatan penting yang berhubungan dengan sales.

 

3. Meminimalisir lambatnya kinerja tim sales

Sering kali kita menemukan sales yang tidak bekerja dengan serius. Ketika mereka menggunakan CRM mobile, sales leader dapat memantau mereka kapanpun. Contoh, kita tahu di Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta sering terjadi kemacetan. Jika sales reps malas, mereka bisa menggunakan alasan tersebut untuk tidak bekerja. Misal beralasan macet padahal nongkrong, atau bilang sedang bertemu dengan klien ternyata tidak. CRM Mobile yang dilengkapi dengan GPS, dapat menghentikan kebiasaan sales tersebut dan memastikan bahwa ia benar-benar bekerja.

 

3. Informasi on the go

Setiap informasi yang masuk atau mendapat perubahan akan mengirimkan pemberitahuan pada masing-masing sales reps yang memasang aplikasi CRM di smartphonenya. Sehingga, tim sales dapat terus bekerja dengan baik tanpa adanya keterlambatan informasi.

 

4. Siklus penjualan lebih pendek

Penggunaan CRM dapat mempersingkat proses penjualan lebih pendek/singkat karena sales reps dapat mengirimkan informasi kepada staff terkait negosiasi harga dari prospek. Contoh, Perusahaan memberikan harga layanan sebesar Rp300.000 per bulan, sedangkan prospek meminta harga sebesar Rp250.000 per bulan. Untuk mempercepat closing, sales reps mengupdate harga di CRM yang akan langsung diterima oleh sales leader. Jika sales leader setuju, maka ia dapat mengirimkan approval saat itu juga. Ketika approval diterima oleh sales, maka sales reps dapat mengabarkan kepada prospek dan closing penjualan pun selesai dengan lebih sederhana.

 

Itulah manfaat implementasi CRM Mobile untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin menggunakan CRM Mobile yang dilengkapi dengan GPS, silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com atau melalui telepon 021-350-5114.

Ilustrasi (c) Pexels.com