Return to site

Marketing: Apa Yang Kita Lakukan Jika Tidak Menciptakan Lead?

Memperbaiki strategi dalam pemasaran agar tepat sasaran

· Tips Marketing

Pemasaran yang dilakukan tentu bertujuan untuk menciptakan lead. Tapi, bagaimana jika ternyata pemasaran yang kita lakukan ternyata tidak mampu menciptakan lead? Apakah Anda harus menghentikan pemasaran atau harus memperbarui pemasaran tersebut? Sejatinya, kegagalan untuk menciptakan lead ini membutuhkan durasi yang berbeda-beda. Sebagian bisnis membutuhkan durasi panjang sebagian lagi memang cenderung lebih cepat. Artinya, cepat dan lambatnya untuk menciptakan lead ini bukan tolok ukur keberhasilan pemasaran dalam menciptakan lead. Namun, jika tidak ada lead yang didapatkan atau lead yang berkualitas didapat sangat sedikit dan dianggap tidak menciptakan lead maka berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Target pasar dari pemasaran Anda

Apa produk Anda, pasar seperti apa yang Anda inginkan untuk menghasilkan penjualan? Ini harus menjadi perhatian jika pemasaran sebelumnya tidak bisa menghasilkan lead. Target pasar memiliki peran yang sangat besar bagi Anda untuk menghasilkan lead yang cepat. Semakin sesuai pemasaran yang Anda lakukan di pasar yang menjadi target, maka penjualan dan lead yang dihasilkan pun akan jauh lebih baik.

2. Memperbaiki pesan dalam pemasaran

Ketika pemasaran dilakukan, Anda harus memiliki pesan-pesan penting yang dapat diterima oleh audiens yang kemudian merasa bahwa mereka membutuhkan produk Anda. Jika Anda ingat pada masa kampanye presiden dan caleg beberapa waktu lalu, Anda pasti sering menemukan calon-calon yang mengkampanyekan dirinya untuk di pilih, tetapi pesan yang disampaikan tidak bisa membuat Anda merasa percaya. Akhirnya, mereka pun gagal menjadi orang yang terpilih. Begitu pula dalam dunia bisnis, jika pemasaran dan kampanye yang Anda lakukan tidak memuat pesan yang membuat audiens merasa butuh, bagaimana Anda bisa mendapatkan kepercayaan? Jangankan untuk melakukan pembelian atau menjadi prospek, melihat kampanye Anda pun sudah tidak memiliki minat.

3. Memperbarui data dan metrik

Jika Anda gagal menghasilkan lead dalam pemasaran, bisa jadi penyebab utamanya adalah data dan metrik yang Anda miliki. Sehingga, strategi dan perencanaan yang dibuat berdasarkan data dan metrik tersebut menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan dan tren pasar. Dengan hal ini pun pada akhirnya Anda gagal menarik perhatian dari target yang ingin Anda dapatkan. Jangan hanya menggunakan data dan metrik pemasaran saja, Anda perlu memperbarui dengan meminta data-data penjualan dan pelanggan yang dimiliki oleh perusahaan dengan menggunakan sistem CRM. Pembaruan data yang lebih cepat dengan sistem ini akan membantu Anda menghasilkan strategi yang lebih cocok untuk Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com