Return to site

Masalah Data Yang Dapat Diselesaikan Oleh CRM

Kenapa harus implementasi Aplikasi CRM?

· CRM di Jakarta,CRM Di Indonesia,CRM

Ada banyak masalah yang dapat dihadapi oleh perusahaan yang disebabkan oleh data. Seperti data yang hilang, data yang tidak update serta masalah data-data umum lainnya yang dapat menghambat proses analisa untuk meningkatkan prediksi dan penjualan. Ketika perusahaan tidak dapat memaksimalkan pengolahan data, strategi yang ditetapkan oleh perusahaan terkait penjualan pun kurang akurat dan dapat berakibat pada kegagalan mencapai target.

Beruntungnya, Kehadiran teknologi CRM modern menjadi solusi yang sangat tepat untuk mengatasi masalah-masalah pengolahan data. Apa saja yang dapat diatasi oleh CRM untuk bisnis Anda?

1. CRM membantu perusahaan mengelola data yang tidak terorganisir menjadi lebih terorganisir

Salah satu faktor yang menyebabkan perusahaan gagal memaksimalkan strategi penjualan untuk mencapai target penjualan adalah karena data yang mereka miliki tidak terorganisir dengan baik. Terlalu banyak data, tetapi tidak mengetahui mana data yang berkualitas dan tidak. Tim dalam perusahaan pun mengalami kebingungan untuk memulai dari mana pengolahan data untuk penjualan. Sehingga berakibat pada strategi yang kurang berkualitas pula.

2. Dokumen dan manajemen data

Pada era digital seperti saat ini, kebanyakan sudah tidak menyukai proses secara manual. Sebagai contoh, pengiriman penawaran (quotation) kepada pelanggan harus membutuhkan proses beberapa hari, saat ini sudah dapat dilakukan melalui email. Namun, ada cara yang lebih instant untuk mengirimkan atau membuat penawaran yakni dengan implementasi CRM. Setiap proses sudah dapat dilakukan secara digital mulai dari kebutuhan internal perusahaan maupun yang berhubungan dengan pelanggan.

3. Memudahkan tim internal mengakses data penjualan dan pemasaran

CRM memberikan solusi kepada perusahaan yang ingin mengakses data penjualan secara lengkap serta untuk mencari data pemasaran yang dilakukan oleh tim marketing. Sehingga, perusahaan dapat membuat strategi-stretgi yang lebih efisien dan tertarget sesuai dengan kebutuhan dan riwayat keberhasilan strategi yang pernah dilakukan sebelumnya dengan membuat peningkatan.

4. Dapat menguraikan riwayat atau data lama dengan cepat

Berbeda dengan sistem CRM tradisional, metode pencarian riwayat data dengan menggunakan aplikasi CRM dapat dilakukan dengan cepat bahkan hanya butuh waktu beberapa detik untuk menemukan data yang dicari. Selama data tersebut sudah dimasukkan pada CRM, tim dapat mengakses kapan pun tanpa harus mencari file/dokumen penjualan yang menghabiskan banyak waktu.

5. Memudahkan perusahaan dalam cross selling product

Hubungan dengan pelanggan yang semakin membaik membuat perusahaan lebih mudah dalam menawarkan produk yang relevan dengan pelanggan-pelanggannya. Sehingga membuat perusahaan lebih mudah untuk menjual produk baru atau produk lain untuk meningkatkan penjualan dengan cara cross selling.

Itulah 5 hal yang menjadi solusi bagi perusahaan yang mengalami kesulitan dalam pengolahan data untuk memaksimalkan penjualan. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang solusi yang diberikan CRM untuk bisnis Anda? Silakan hubungi kami melalui email hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com