Return to site

Memahami Tujuan Dari Implementasi CRM Untuk Bisnis

Jangan ikut-ikutan dalam implementasi CRM, kenali dan implementasi dengan benar

· CRM di Jakarta,CRM,CRM Di Indonesia

Mengimplementasi CRM untuk bisnis memang perlu keputusan yang sudah dipikirkan secara matang. Anda tidak bisa mengimplementasi CRM hanya dengan berbekal mengikuti tren belaka. Anda harus benar-benar memilih CRM yang sesuai dengan tujuan bisnis. CRM bukan hanya untuk ajang ikut-ikutan saja, jika Anda salah dalam mengimplementasikan CRM dengan benar, software CRM yang seharusnya sangat membantu pertumbuhan bisnis hanya menjadi software pelengkap (yang penting ada) bagi perusahaan.

Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan gambaran kepada Anda tentang tujuan dari implementasi CRM untuk bisnis Anda. Kami berharap dengan penjelasan yang cukup singkat ini dapat membantu Anda mengambil keputusan mengenai CRM yang seperti apa yang benar-benar sesuai dengan core business dan goal bisnis Anda.

CRM untuk stabilitas & pertumbuhan bisnis

Apa tujuan dan target perusahaan Anda? Apakah Anda memiliki perencanaan untuk tumbuh di masa depan dengan pertumbuhan revenue? Semakin besar basis pelanggan Anda, tentu akan memiliki lebih banyak perencanaan untuk tumbuh. Pada posisi ini pula sangat penting bagi Anda untuk memilih CRM yang benar. Jika Anda ingin fokus pada pertumbuhan dan stabilitas bisnis, maka Anda harus menggunakan CRM dengan mengetahui tujuan bisnis Anda terlebih dahulu.

CRM untuk stabilitas & fokus bisnis

Jika saat ini bisnis Anda masih memiliki tim sales yang cukup kecil, antara 1-5 anggota tim sales, itu artinya Anda membutuhkan strategi yang tepat untuk fokus pada bisnis. Dengan model bisnis kecil seperti saat ini, Anda dapat fokus bisnis Anda dengan mencari tahu model pelanggan. Di sinilah Anda harus menggunakan CRM dengan tujuan untuk memfokuskan pada pelanggan. Fokus pada pelanggan akan membawa Anda pada fokus bisnis. Karena mengenal pelanggan dengan baik akan memudahkan perusahaan dalam menentukan arah fokus bisnis.

Dari dua penjelasan ini, Anda tentu sudah mengetahui tujuan implementasi CRM yang sebenarnya. Selanjutnya, Anda dapat memilih software CRM yang tepat dan mulai membangun strategi dari hasil pengumpulan data pada CRM. Satu hal yang perlu Anda perhatikan, banyak data pada CRM bukan berarti memiliki akurasi yang baik. Tetapi, kualitas data yang ada pada CRM adalah kunci keberhasilan sebenarnya dari implementasi CRM.

Masih bingung? Jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com