Return to site

Memaksimalkan Waktu Untuk Menjaga Efektivitas Dalam Penjualan

Menentukan target pribadi untuk kesuksesan sebagai sales

· Tips Sales

Banyak sales yang membuang waktu mereka dalam bekerja karena mereka tidak memiliki arah yang jelas dalam setiap pekerjaan yang ia kerjakan. Sedangkan perusahaan akan terus meminta tim sales membukukan penjualan dengan cepat agar bisnisnya terus berjalan dengan baik. Lalu, bagaimana cara yang dapat dilakukan oleh salesperson untuk memaksimalkan waktunya dalam meningkatkan penjualan dan tetap bekerja secara efektif? Berikut adalah tips-tipsnya untuk Anda!

1. Tentukan goal setiap aktivitas sales Anda

Ketika Anda akan mengerjakan tugas hari ini, Anda harus menentukan goal dari setiap aktivitas penjualan yang Anda kerjakan setiap harinya. Anggap saja Anda sedang berada pada tahap negosiasi dengan 3 orang prospek. Dengan waktu yang Anda miliki selama 5 hari, bagaimana cara Anda menghubungi mereka dan proses yang mana yang akan Anda selesaikan terlebih dahulu? Setelah menemukan target yang ingin Anda selesaikan, tentukan strategi agar target tersebut dapat terwujud sesuai harapan.

2. Memantau aktivitas dan mengkategorikan waktu yang Anda miliki

Ketika Anda sedang menjalankan tugas untuk mendapatkan penjualan dari prospek, Anda tentu memiliki aktivitas-aktivitas lain seperti ketika dalam perjalanan ke tempat prospek, persiapan untuk melakukan meeting dan aktivitas-aktivitas lainnya. Catat semua waktu Anda tersebut, kemudian carilah aktivitas yang tidak terlalu penting dan cenderung memperlambat proses negosiasi Anda. Selanjutnya, kategorikan waktu Anda sendiri, sesuai dengan prioritas Anda.

3. Memantau hasil kinerja harian Anda

Setelah Anda menemukan target dan memantau aktivitas dan kategori waktu, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memantau hasil kinerja harian Anda. Lakukan pengecekan setiap 7 hari sebagai laporan pribadi Anda. Bandingkan hasil kinerja per minggu dan carilah hari yang mana yang menunjukkan kinerja Anda yang lebih efektif. Kemudian, sempurnakan waktu yang memberikan nilai efektif kinerja yang lebih tingg, untuk melakukan pekerjaan lebih baik di minggu-minggu berikutnya.

Itulah tips untuk memaksimalkan waktu dan menjaga efektivitas kinerja Anda yang dapat kami berikan kepada Anda. Apabila ada tips-tips lain yang ingin ditambahkan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini!

Ilustrasi (c) Unsplash.com