Return to site

Memasarkan & Menghasilkan Penjualan Dengan Maksimal

· CRM Indonesia,Tips Sales

Mengembangkan bisnis tidak lepas dari bagaimana Anda sebagai pemilik bisnis menentukan strategi pemasaran dan penjualan. Karena kesuksesan bisnis bergantung pada strategi, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak serius dalam menjalankan strategi tersebut. Untuk Anda yang ingin memiliki bisnis berkembang dan mencapai kesuksesan, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda:

1. Selalu melakukan riset untuk pemasaran dan penjualan

Tidak ada penjualan yang sukses tanpa usaha untuk memahami kondisi pasar. Jika Anda menginginkan bisnis yang memiliki penjualan berkelanjutan, maka Anda harus memulainya dengan melakukan riset. Untuk riset pemasaran, Anda dapat memulainya dengan mencari target audiens, konten/materi kampanye, media yang cocok untuk menjangkau prospek. Sedangkan untuk riset penjualan, Anda harus mulai mencari tahu profil pelanggan, tingkat kebutuhan, peluang, lokasi dan market yang ingin Anda jangkau.

2. Menciptakan strategi marketing dan penjualan yang efektif

Ketika Anda sudah memiliki data dari hasil riset yang dilakukan, kini saatnya bagi Anda untuk mulai memikirkan strategi yang akan diimplementasikan agar pemasaran dan penjualan sukses. Buatlah strategi pemasaran dan penjualan yang efektif dan tidak menghabiskan waktu bagi tim sales dan tim marketing untuk menjalankan strategi tersebut.

3. Menentukan target pendapatan bersih maupun pendapatan kotor

Jauh sebelum Anda menetapkan hasil penjualan, hal pertama yang harus dilakukan adalah target pendapatan yang ingin Anda dapatkan. Karena target penjualan sangat bergantung pada motivasi dalam bekerja, maka target pendapatan inilah yang nantinya berperan penting agar tim sales dan marketing bekerja dengan penuh semangat. 

4. Jangan hanya bermimpi, segeralah mengambil tindakan

Banyak pelaku bisnis yang berharap bisnisnya sukses, tetapi mereka tidak mengambil tindakan sama sekali. Data riset hanya dijadikan pelengkap bagi perusahaan, strategi penjualan dan pemasaran hanya sebatas strategi yang tidak pernah dijalankan sesuai rencana. Pelaku bisnis mengharapkan penjualan yang besar,tetapi ia tidak pernah menjalankan strategi dengan baik, itu artinya ia hanya bermimpi. Bangunlah, kerjakan semuanya dengan baik dan sesuai, karena keberhasilan suatu bisnis adalah dari tindakan bukan impian.

Ilustrasi (c) Unsplash.com