Return to site

Membuat Masalah Tak Terlihat Menjadi Lebih Jelas Dengan CRM Terintegrasi

Mengintegrasikan data untuk menghasilkan penjualan yang lebih baik

· Tips Sales,CRM Di Indonesia

Dalam proses penjualan dan pemasaran kita tidak akan pernah luput dari suatu hal yang tidak dapat kita lihat. Misal, Anda kehilangan pelanggan tetapi tidak tahu apa penyebabnya. Hal-hal semacam ini sangat sering terjadi dan dialami oleh tim sales dan tim marketing. Masalah tak terlihat seperti ini akan menjadi penghambat penjualan yang tentunya tidak diharapkan oleh salesperson. Bagi marketer, masalah yang sering ditemukan adalah tidak bisa menilai pesan seperti yang harus disampaikan kepada prospek agar menemukan prospek berkualitas.

Masalah yang sering dialami oleh tim sales dan tim marketing ini adalah yang berkaitan dengan data pelanggan maupun prospek. Jika tim sama-sama menyimpan data pelanggan pada sistem maupun tempat yang berbeda, bagaimana mungkin tim dapat bekerja sesuai dengan keinginan dalam mencapai target.

Masalah yang sering dialami oleh tim sales

Bagi tim sales, agar ia dapat menciptakan penjualan, maka tim marketing harus bisa menemukan lead yang memiliki kualitas atau profil lead tersebut sesuai dengan profil yang diharapkan oleh tim sales. Jika tim sales tidak memiliki data tim marketing yang berkaitan dengan lead, bagaimana bagi tim sales untuk melanjutkan proses dari tim marketing?

Ketika tim sales mengulang kembali proses dari awal, ini akan menjadi kerugian bagi prospek. Karena, ia harus mendengarkan poin-poin yang bisa saja sudah disebutkan oleh tim marketing sebelumnya. Bukan penjualan yang didapat, kekecewaan sudah bisa dirasakan oleh prospek di masa-masa awal proses karena ketidakjelasan data yang dimiliki oleh tim sales.

Masalah yang sering dialami oleh tim marketing

Tidak adanya data dari tim sales yang dapat mereka akses menjadi beban besar bagi tim sales. Bagaimana tidak, perusahaan mengharapkan personalisasi marketing dan segmentasi pemasaran, tetapi tim sales tidak memberikan data pelanggan kepada tim marketing. Dengan kondisi seperti ini, apa yang harus dilakukan oleh tim marketing untuk memenuhi tujuan yang diharapkan perusahaan.

Pemasaran tidak akan bisa maksimal karena keterbatasan data. bahkan, pemasaran tersebut berpotensi memiliki tingkat kesalahan yang sangat besar yang pada akhirnya hanya akan membuang biaya pemasaran dan tidak menghasilkan ROI yang sesuai target.

Dengan sistem CRM yang terintegrasi dengan email perusahan, kontak handphone dan lain sebaganya membuat tim lebih mudah dalam bekerja. Sistem penyimpanan data riwayat proses hingga riwayat transaksi memudahkan tim sales untuk mencapai penjualan. Bagi tim marketing akan lebih mudah untuk personalisasi marketing dan untuk melakukan segmentasi pemasaran.

Membutuhkan informasi lebih lanjut? Silakan hubungi kami melalui email di hi@sales1crm.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com