Return to site

Mencapai Produktivitas Tenaga Pemasaran Dengan 5 Tips Ini

· Sales Training

Produktivitas seorang marketer dapat dilihat dari berbagai aspek seperti produktivitas dalam menciptakan konten marketing, produktivitas untuk mendapatkan lead yang berkualitas dan bagaimana audiens serta pelanggan menjadi lebih sadar terhadap brand produk maupun perusahaan. Untuk meningkatkan produktivitas marketer, tidak ada jalan pintas. Beruntungnya, produktivitas seorang marketer dapat diperbaiki dengan menerapkan hal ini:

1. Memahami ekspektasi dan tujuan

Sulit bagi Anda untuk menentukan produktivitas jika tidak ada ekspektasi yang jelas untuk Anda raih. Oleh karena itu, bicarakanlah ekspektasi yang ingin Anda capai dengan leader dari pemasaran yang akan Anda jalankan. Selain ekspektasi, nilai tujuan dari pemasaran juga harus jelas.

2. Perencanaan pemasaran

Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan memaksimalkan waktu yang dimiliki. Semakin sedikit waktu yang terbuang sia-sia, itu artinya tingkat produktivitas dapat Anda tingkatkan. Caranya, membuat planning pemasaran yang rapih dan eksekusi planning tersebut dengan tindakan yang paling sesuai.

3. Maksimalkan implementasi teknologi untuk membantu pemasaran

Ada banyak teknologi/alat marketing yang dapat dipilih untuk membantu kinerja Anda. Namun, jangan asal memilih alat marketing, pilihlah alat yang benar-benar sesuai dan dapat menjangkau prospek Anda dengan lebih maksimal dan sesuai target. Jika Anda menggunakan alat marketing tanpa memikirkan kesesuaian/kecocokan, tentu akan sulit bagi Anda untuk menemukan prospek berkualitas.

4. Memaksimalkan data yang dimiliki oleh perusahaan untuk mengambil keputusan

Jangan menciptakan strategi pemasaran berdasarkan angan-angan Anda saja. Tetapi, jadikan data sebagai bagian penting untuk menciptakan strategi maupun untuk mengambil keputusan yang tepat. Jika Anda mengabaikan data, Anda akan lebih sulit untuk menemukan metode yang tepat untuk menjangkau audiens dan lead.

5. Jangan ragu untuk bertanya ketika Anda mengalami kesulitan

Tidak ada marketer yang dapat bekerja sendiri. Jika Anda mencoba menyelesaikan masalah sendiri, sedangkan masalah tersebut di luar kemampuan yang dimiliki, waktu Anda hanya akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, bertanyalah jika memang itu diperlukan. Karena bertanya akan membantu Anda mempercepat kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com