Return to site

Menciptakan Produk Inovatif & Berbeda Dengan Kompetitor

Kreativitas, ide dan percaya diri

· Tips Bisnis

Kreativitas adalah fondasi bagi semua bisnis baik itu start up maupun enterprise. Namun, kebanyakan dari mereka salah dalam mengartikan bisnis dan persaingannya, mereka justru fokus pada persaingan harga tetapi tidak memikirkan bagaimana produknya bagi pelanggan-pelanggannya. Ingat, bersaing pada harga hanya akan membedakan harga, tetapi tidak membedakan solusi untuk pelanggan-pelanggan Anda. Jika Anda bersaing pada harga, artinya Anda siap untuk menghadapi persaingan harga ini hingga bisnis Anda berhenti beroperasi. Karena, akan muncul perasaan takut dalam diri Anda apabila tidak memberikan potongan harga, produk tidak akan laku atau takut kehilangan pelanggan dan lain sebagainya.

Tak ingin terjebak pada situasi seperti ini, bagaimana cara Anda bertahan untuk menawarkan produk pada pelanggan secara berbeda, lebih baik dan memuaskan menurut penilaian pelanggan? Berikut adalah beberapa tips untuk membuat produk yang berbeda dan  inovatif untuk mendukung penjualan yang lebih baik tanpa harus bersaing untuk menjadi perusahaan yang dapat menjual produk lebih murah pada prospek agar produknya laku.

1. Mencoba metode penjualan dan pengalaman baru yang tak terduga

Masih ingat dengan sistem penjualan yang dilakukan oleh salah satu kripik pedas ber level beberapa tahun lalu? Ini merupakan metode penjualan baru yang ditemukan oleh pelanggan-pelanggannya saat itu. Berpindah-pindah tempat tanpa tidak ada yang tahu kapan dan dimana ia akan mampir, menjadi alasan mengapa demam produk saat itu sangat tinggi. Meskipun keripik pedas sudah ditemukan sebelumnya, dengan metode penjualan baru, perusahaan mampu meningkatkan demand terhadap produk waktu itu. Mereka pun tidak membutuhkan potonghan harga untuk bisa menjual. Karena dengan harga saat itu pun mereka mampu menjual dengan baik.

Selain metode penjualan baru, dengan cara penjualan tersebut, pelanggan mendapatkan pengalaman baru. Yang artinya, sekalipun masa jaya metode penjualan tersebut sudah usai, ada pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan dan mereka lebih mudah mengenal brand produk.

2. Mempertimbangkan kombinasi penjualan baru

Membuat produk yang 100% baru itu sangat tidak mudah. Karena kebanyakan produk sudah berhasil diciptakan. Tetapi, Anda dapat mengubah satu produk menjadi produk yang berbeda dengan membuat kombinasi produk tertentu. Jika Anda ingin membuat produk yang berbeda dari produk lainnya, manfaatkan metode kombinasi ini dan hasilkan produk yang dapat diterima oleh pelanggan dari inovasi Anda  tersebut.

3. Hilangkan semua sisi negatif secara bertahap dan perbaiki dengan hal yang positif

Hal terakhir yang dapat membantu Anda menjadi perusahaan yang berbeda dan inovatif adalah dengan menjadi perusahaan yang terus memperbaiki produk dan layanannya. Tidak ada produk dan layanan yang 100% positif, Anda pasti akan terus mendapatkan sisi negatif dalam bisnis. Hadapi hal negatif tersebut dengan baik, hilngkan semuanya secara bertahap untuk membuktikan kepada pelanggan-pelanggan Anda, bahwa ada tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat menciptakan produk dari sisi negatif ini untuk Anda jadikan solusi yang sangat luar biasa untuk pelanggan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com