Return to site

Mengapa CRM Penting Untuk Bisnis Kita?

Semakin lama Anda memutuskan langkah, maka semakin jauh pula jarak Anda dengan para pesaing di luar sana yang telah lebih dulu berinovasi.

· CRM,CRM Di Indonesia,CRM di Jakarta
Mengapa Customer Relationship Management CRM Penting Untuk Bisnis

Setelah kita mengenal apa itu Customer Relationship Management (CRM) System, mungkin akan menimbulkan pertanyaan apakah penting mengaplikasikan CRM System untuk bisnis Saya? Pertanyaan ini pun tidak hanya terjadi pada Anda sendiri tapi juga dirasakan oleh marketer lain yang baru mengenal CRM System atau yang ingin mencoba memanfaatkan CRM System ​untuk menunjang kesuksesan perusahaan.

Keraguan seperti ini adalah hal yang wajar bagi Anda yang ingin mencoba untuk menerapkan sebuah sistem baru dalam perusahaan. Tidak ada salahnya jika Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum benar-benar menerapkannya. Terkait dengan pertanyaan yang sering terdengar tersebut, jawabannya adalah sangat penting, karena dalam era digital ini perusahaan cenderung bertindak lebih cepat. 

Percaya atau tidak, semakin lama Anda memutuskan langkah, maka semakin jauh pula jarak Anda dengan para pesaing di luar sana yang telah lebih dulu berinovasi. CRM System sendiri bukan hanya untuk perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki ribuan pelanggan, tapi CRM System sebenarnya juga diperlukan oleh perusahaan-perusahaan kecil yang ingin berkembang lebih baik dan memiliki pelanggan yang loyal. Karena dengan CRM System ini, Anda bisa mencari tahu kemauan pelanggan dengan lebih mudah serta pelaporan yang lebih cepat.

Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dari CRM System ini yang tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas perusahaan Anda. Diantara manfaat-manfaat tersebut ialah:

  • CRM System secara konsisten akan mencatat dan menganalisis akuisisi yang telah dikumpulkan dari pelanggan. Keunggulan ini mampu mengurangi waktu pencarian sehingga sangat efektif untuk meningkatkan bisnis. 
  • CRM System memiliki keunggulan untuk memilah pelanggan, yang mana dari sini Anda akan dengan cepat membedakan mana pelanggan yang mendatangkan banyak keuntungan dengan pelanggan yang kurang memberikan keuntungan.
  • CRM System tidak hanya digunakan untuk mendatangkan kesepakatan dengan pelanggan lama (existing customer) tapi juga berguna untuk menjaring pelanggan baru. Dengan CRM System, Anda dapat memanjakan calon pelanggan Anda dengan mencari tahu kemauan mereka seperti apa dan melayani mereka dengan baik hingga akhirnya mereka bersedia membeli produk Anda. Proses ini juga disebut dengan “Opportunity of Business”.
  • CRM System lebih efisien untuk perusahaan, dimana hanya dengan satu aplikasi Anda dapat melakukan banyak hal, mulai dari laporan, data pelanggan dan lain-lain dapat Anda lihat dalam jangka waktu yang lebih cepat serta biaya yang lebih murah.