Return to site

Mengapa UKM/Bisnis Kecil Perlu Implementasi Cloud Based CRM

CRM Untuk UKM/Bisnis Kecil

Mengapa UKM/Bisnis Kecil Perlu Implementasi Cloud Based CRM

Cloud Based Customer Relationship Management (CRM) mungkin menjadi salah satu sistem yang sangat berharga yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Selain membantu meringankan kinerja Anda untuk memasarkan dan melakukan penjualan, CRM dapat memberikan efek jangka panjang untuk tim sales Anda di masa yang akan datang.

 

Dengan memanfaatkan CRM dan menjalankan strategi membangun hubungan dengan pelanggan, tentu akan berimbas pada peningkatan penjualan. Menurut hasil studi yang dilansir oleh Alieron dalam sebuah artikel di Forbes, UKM yang menggunakan dan menerapkan CRM dengan benar mampu meningkatkan penjualan sebesar 29%.

 

CRM bukanlah sistem yang bekerja dengan sendirinya, CRM masih membutuhkan tenaga manusia untuk melakukan update sebelum pada akhirnya nanti CRM menganalisa data yang telah Anda masukkan. Lalu, mengapa bisnis Anda membutuhkan CRM? Berikut alasan-alasannya:

 

1.CRM menyederhanakan tugas tim sales/marketing

Mengapa tim sales dan marketing tidak dapat menemukan lead yang berkualitas? Sistem yang rumit dan terlalu banyak task yang sebenarnya dapat disederhanakan tidak mampu diterapkan oleh perusahaan. Hadirnya CRM membuat tugas tim sales dan marketing Anda jadi lebih sederhana, apa yang sebelumnya diterapkan secara manual bisa di ubah menjadi bentuk digital dalam cloud based CRM. Informasi prospek, kapan dan apa yang dibicarakan terakhir dapat disimpan dalam CRM. Rekam data tersebut dapat diakses kapan pun ketika tim sales/marketing membutuhkannya.

 

2. Melatih tim sales/marketing baru dengan lebih cepat

Ketika Anda merekrut tim sales/marketing baru, CRM akan sangat memudahkan tim Anda untuk mempelajari semua yang berkaitan dengan pelanggan. Bahkan tim sales lama pun dapat mencari informasi prospek yang tidak pernah ditangani sebelumnya.

 

3. Data lebih terpusat

Masalah utama yang sering terjadi dalam menangani prospek adalah data-data prospek yang tidak terpusat. Dengan menjadikan CRM sebagai satu-satunya tempat menyimpan data prospek, Anda tidak perlu khawatir kehilangan riwayat diskusi yang pernah dilakukan dengan prospek. Tidak peduli berapa lama Anda tidak terhubung dengan prospek tersebut, ketika prospek kembali Anda dapat menemukan data mereka lebih cepat.

 

4. Laporan tim sales/marketing diterima perusahaan yang lebih cepat

Dengan implementasi CRM, Anda tidak perlu lagi khawatir laporan tim sales diterima terlambat. Karena setiap tim Anda ada jadwal dengan prospek, Anda dapat melihat langsung melalui aplikasi baik PC, Smartphone maupun Tablet.

 

Itulah alasan-alasan mengapa UKM membutuhkan CRM. Jika Anda ingin mendapatkan penjelasan lebih detail lagi, Anda dapat menghubungi kami melalui email hi@sales1crm.com

Ilustrasi (c) Pixabay.com | Unsplash.com